Warga Pante Rambong Kembali Dibekali Pendidikan KB dan Kesehatan

WARGA PANTE RAMBONG KEMBALI DIBEKALI PENDIDIKAN KB DAN KESEHATAN.

Aceh Timur - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0104/Aceh Timur kembali menggencarkan kegiatan Non Fisik dengan memberikan masyarakat disekitarnya Ilmu Pengetahuan melalui sosialisasi-sosialisasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, TMMD membekali warga dengan Pendidikan Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan yang digelar di desa Pante Rambong kecamatan Pante Bidari kabupaten Aceh Timur, jum'at (20/4/2018).

Adapun yang didatangkan sebagai pemateri yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Fahrul Razi, MM dari Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Timur.

Dihadapan warga Fahrul Razi mengatakan bahwa KB dapat memberikan banyak manfaat bagi keluarga. KB dianjurkan oleh Pemerintah Pusat bukan saja agar kesehatan ibu lebih terjaga, namun KB dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan sehingga keharmonisan dalam keluarga dapat ditingkatkan, jelasnya.

Akan tetapi ada manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Dengan mengikuti KB, secara tidak langsung dapat mencegah anak dari kekurangan gizi, sehingga tumbuh kembangnya lebih terjamin dan kebutuhan ASI Eksklusif selama 6 bulan relatif dapat terpenuhi, terangnya lagi.

Secara ekonomi, mengikuti program KB dapat mengurangi kebutuhan rumah tangga. Di lain sisi, KB dapat memberikan akses yang lebih luas untuk meningkatkan/menambah penghasilan keluarga. Logikanya sangat sederhana, dengan ber-KB maka jumlah anak akan lebih sedikit dari yang seharusnya, sehingga kebutuhan hidup sehari-hari, biaya kesehatan dan pendidikan anak serta kebutuhan lainnya dapat ditekan seoptimal mungkin. Lebih dari itu, karena keluarga tidak banyak direpotkan untuk mengurus anak, maka keluarga lebih berkesempatan untuk berwirausaha sehingga kemandirian ekonomi akan lebih dapat diwujudkan, paparnya lagi.

“Yang harus dipahami adalah bahwa program KB itu tidak semata-mata berurusan dengan kontrasepsi, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana keluarga mengatur kehidupannya kelak secara lebih terencana melalui Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga fungsi-fungsi keluarga yang terdiri dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan dapat dijalankan secara optimal,” pungkas Kepala Dinas tersebut.

Hadir pada kegiatan itu Komandan Koramil 20/Ptb Kapten Inf Wagimin, Kapolsek Pante Bidari Ipda Irwanto beserta masyarakat yang tinggal disekitar lokasi TMMD ke-101 itu digelar.

Komentar

Loading...