Tim Puskesad Adakan Aplikasi Komputerisasi Rekam Wajah di Yonif Raider 112/Dharma Jaya

Japakeh – Prajurit Yonif Raider 112/Dharma Jaya menerima pemeriksaan gigi, berupa aplikasi komputerisasi rekam wajah (computerized facial dental and oral muscous record) dan cetak gigi di Aula Mako Yonif Raider 112/DJ. Senin/23/04/2018.

Tim Puskesad tersebut beranggotakanย  11 orang tenaga kesehatan yang dipimpin langsung oleh Kalakesgilut Puskesad, Kolonel CKM drg Nirwan Husni Loebis, Sp. BM., M.A.R.S. dan didampingi Oleh Tim Kesehatan Yonif Raider 112/DJ Lettu ckm Herdianto.

Selama pelaksanaan pemeriksaan rekam gigi, Pemeriksaan rekam wajah dan cetak gigi ini diikuti 400 orang prajurit, yang dalam pelaksanaannya berlangsung selama 2 (dua) hari, dan bertujuan untuk memudahkan tim Kesehatan Angkatan Darat dalam proses identifikasi prajurit kemudian akan disimpan sebagai data.

Kolonel CKM drg Nirwan Husni Loebis mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan Program Kerja Lakesgilut Puskesad, dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut prajurit TNI AD diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengidentifikasi seseorang dengan mendata atau merekam ciri-ciri elemen gigi orang tersebut. Seorang prajurit dalam pelaksanaan tugasnya, dihadapkan pada risiko yang dapat terjadi di daerah operasi, latihan dan penugasan.

Risiko yang paling fatal adalah gugurnya seorang prajurit. Sering ditemukan seorang prajurit yang gugur tidak dapat dikenali identitasnya, baik karena luka bakar seluruh tubuh maupun pada keadaan jasad tidak dapat ditemukan langsung dan sudah terjadi pembusukan atau perubahan dikarenakan adanya pengaruh alam keadaan sekitarnya sehingga jasad sulit diidentifikasi (dikenali). Kesulitan identifikasi jasad akan terjadi pada korban dalam keadaan tertentu. Ungkap Nirwan.