Cegah Aksi Terorisme, Koramil 06/Singkohor ajak Kepala Desa aktifkan Siskamling

thumbnail (1)

Singkohor-  Meningkatnya perkembangan situasi keamanan dibeberapa wilayah di Indonesia akibat dari aksi teror oleh kelompok radikal, untuk mengantisipasi kejadian yang dapat mengagnggu keamanan maupun terjadinya tindakan atau aksi teror di wilayah, Batuud Koramil 06/Singkohor Kodim 0109/Singkil Pelda Apridinako mengajak warga untuk mengaktifkan kembali kegiatan ronda atau siskampling.

Hal tersebut diungkapkannya saat dirinya melakukan silaturahmi dengan Kepala Desa Lae Pinang Kec.Singkohor, Kab.Aceh Singkil di Kantor Desa Lae Pinang. Jum’at (18/5/18).

Selain bertemu dengan bapak kepala Desa, silaturahmi tersebut juga dihadir para pejabat perangkat atau petugas desa.

Tujuan kedatangan Pelda Apridinako ke Kantor Desa Lae Pinang ialah untuk bersilaturahmi komsos dengan bapak kepala desa dan para tokoh desa untuk berbincang dalam rangka mendukung penigkatan kemajuan desa maupun hal-hal lain untuk kebaikan desa.

Dalam kesempatan tersebut, Pelda Apridinako mengajak kepala Desa dan para warga untuk kembali mengaktifkan kembali Pos Kamling, dengan membuat Pos Kamling baru disetiap RW atau dusun atau memperbaiki Pos-pos Kamling yang sudah ada dan tidak terawat. Pelaksanaan Poskamling dinilai cukup efektif untuk menangkal gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat serta mencegah aksi terorisme.

Selain kegiatan siskamling, Batuud Koramil 06/Singkohor juga mengajak kepala desa dan warga desa untuk peduli terhadap lingkungan, terhadap aktivitas warganya apabila ada tamu dari luar desa atau orang asing untuk diarahkan melapor dan didata, sehingga warga desa luar yang masuk dapat terdata dan mudah dikenali, dan kepedulian warga untuk lapor cepat dan temu cepat kepada aparat keamanan, baik TNI maupun Polri apabila mengetahui hal-hal yang penting khususnya terkait keamanan desa.

Koramil sebagai ujung tombak satuan teritorial dibawah kendali Kodim yang dalam pelaksanaan tugasnya berhubungan langsung dengan  masyarakat cukup berperan dengan kegiatan Deteksi dini dan Cegah dini dalam pencegahan aksi terorisme.

Komentar

Loading...