logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Sapi Rusak Sawah Warga Babinsa Dampingi Mediasi

Darul Hikmah – Keberadaan hewan ternak seperti sapi yang dilepas oleh pemilkinya telah membuat kekecewaan bagi petani di Desa Pajar Kecamatan Darul Hikmah. Bagaimana tidak segerombolan sapi masuk ke areal sawah warga dan memakan padi sehingga mengalami kerusakan. Menghindari terjadinya perselisihan antara petani dan pemilik ternak dilakukan mediasi oleh perangkat desa di dampingi oleh Babinsa Posramil Darul Hikmah Serda Rinto, Kamis ( 24/5/2018).

Serda Rinto bersama perangkat Desa Pajar melakukan mediasi terhadap warga terkait kejadian padi dimakan sapi. Baik para petani maupun pemilik sapi dihadirkan untuk dilakukan mediasi di Kantor Desa Pajar.

Setelah dilakukan musyawarah diperoleh kesepakatan bahwa pemilik sapi bersedia membayar ganti rugi kepada pemilik sawah sebesar Rp 1700.000.

” Kita hadirkan pihak terkait seperti warga pemilik sawah dan sapi, kita adakan mediasi kantor desa agar permasalahan tidak meruncing, alhamdulillah telah diproleh kesepakatan yang dapat diterima semua pihak yaitu pemilk lembu memberikan uang ganti rugi sebesar Rp 1.700.000 ” Kata Serda Rinto.

Serda Rinto dalam kesempatan itu juga mengharapkan kejadian serupa jangan terulang kembali. Warga yang mumpunyai hewan ternak agar menjaga dengan baik agar tidak masuk ke kebun maupun ke sawah warga.

” Kita harapkan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Kita himbau kepada warga yang mempunyai ternak agar menjaga dengan baik ” Tutup Serda Rinto.

Baca Juga:  Tim Hukum Kodam IM Berikan Penyuluhan Hukum di Kodim 0116/ Nagan Raya