Latihan Posko 1 Kodim 0116/Nagan Raya Resmi Dibuka

05

Nagan Raya – Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/Nagan Raya menggelar Latihan Posko I di Makodim 0116/Nara, Komplek Perkantoran Suka Makmue Nagan Raya, Senin,04/06. Tahun ini Latihan Posko I difokuskan untuk penanggulangan bencana alam.

Latihan Posko I yang kan diselenggarakan selam 3 hari ini mengambil tema “Kodim jajaran Korem 012/TU Melaksanakan Operasi Perbantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayah Tanggung Jawab Teritorialnya Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam” dipimpin oleh WS Komandan Kodim (Dandim) 0116/Nara, Letkol Inf Adhe Hansen.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Dianto, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Secara khusus gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyeleggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk memantapkan sistem komando terkait dengan siaga bencana yang diawali dengan koordinasi. Kemudian, diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka operasi militer selain perang untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam dan dampak sosial lainnya.

Pelaksanaan gladi posko disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan. Latihan ini juga diproyeksikan untuk kemampuan kesatuan. Sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya, dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.
Sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

Latihan posko I ini juga melibatkan instansi dan SKPD terkait di Kab. Nagan Raya “Tujaunnya untuk menyamakan persepsi dan juga memberikan dukungan secara penuh dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana alam,” ungkapnya.

Komentar

Loading...