Pangdam IM Teleconference Dengan Kasad Tentang Kesiapsiagaan Satuan TNI AD Jelang Lebaran

IMG-20180609-WA0004

BANDA ACEH - Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H Teleconference dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI  Mulyono dalam rangka mengecek kesiapsiagaan satuan jajaran TNI AD, khususnya di wilayah Kodam Iskandar Muda dalam menghadapi pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi yang akan jatuh pada 15 – 16 Juni 2018 nanti.

Pangdam IM didampingi Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., Irdam IM, para asisten, para kabalak jajaran Kodam Iskandar Muda.

Informasi yang diterima, teleconference yang diselenggarakan Kasad di ruang Pusat  Komando dan Pengendalian Operasi (Puskodalops) Mabesad, Jakarta Pusat, Jum’at (8/6/2018) ini, juga dilaksanakan oleh Pimpinan Satuan Komando Kewilayahan jajaran TNI AD seluruh wilayah Indonesia.

Dalam teleconferencenya yang berlangsung hampir satu jam lamanya tersebut, Pangkostrad, para Panglima Kodam (Pangdam), Danjen Kopassus, dan Gubernur Akmil melaporkan langsung kepada Kasad mengenai kesiapsiagaan satuannya.

Laporan yang disampaikan antara lain, kegiatan pengamanan satuan meliputi pembagian cuti lebaran dikalangan prajurit dan PNS TNI AD, sehingga hak prajurit dan PNS akan cuti terpenuhi, namun pengamanan dan siaga satuan bisa tetap berjalan. Selain itu dilaporkan pula jumlah prajurit yang diperbantukan kepada Polda dan Polres dalam pengamanan Idul Fitri maupun membantu mengatur arus mudik.

Beberapa situasi menonjol di sekitar Kodam pun tak luput dilaporkan oleh Pangdam kepada orang nomor satu di Angkatan Darat itu. Seperti terjadinya musibah banjir di Kabupaten Wajo wilayah Kodam XIV/Hasanuddin Makassar, dimana Pangdam XIV/Hasanuddin melaporkan langkah-langkah perbantuan TNI AD dalam membantu masyarakat terdampak banjir, hingga akhirnya kondisi saat ini kembali kondusif dan semua tertangani dengan baik. Upaya-upaya pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar selepas Idul Fitri pun turut menjadi topik yang dilaporkan kepada Kasad.

Sementara Pada kesempatan tersebut Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. melaporkan, untuk kondisi yang menonjol untuk wilayah Kodam Iskandar Muda tidak ada, Kodam Iskandar muda bersama Polda Aceh kemaren (6 juni 2018 sore) telah melakukan kegiatan buka puasa bersama untuk membangun silaturrahmi dan meningkatkan sinergitas Kodam IM dengan Polda Aceh.

Lanjut, Kodam Iskandar Muda juga siap mendukung kegiatan pengamanan pilkada di tiga kabupatan di provinsi Aceh apabila Polda Aceh membutuhkan, Untuk perayaan hari raya idul fitri tahun ini Kodam Iskandar muda akan melaksanakan berdasarkan ST dari bapak kasat yaitu menjadi dua gelombang, gelombang pertama dari tanggal 11 sd 16 juni 2018 dan gelombang kedua dari tanggal 17 sd 20 juni 2018.

Untuk pengamanan wilayah, Kasad meminta kepada para Pangkotama yang wilayahnya memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi untuk selalu siap  mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi dengan tidak mengurangi kesiapsiagaan operasional apabila kondisi tertentu membutuhkan kecepatan pengerahan personel pengamanan.

“Situasi dan kondisi mudik Idul Fitri ini terutama di wilayah yang warganya sebagian besar meninggalkan rumah-rumahnya untuk mudik ke kampung halamannya, agar diantisipasi peningkatan aksi kriminalitas dan supaya lebih meningkatkan kegiatan patroli ke pemukiman warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur lebaran ini,” himbau Kasad kepada Kasdam Jaya. Hal ini terkait kondisi lengangnya Jakarta di masa libur lebaran.

Sementara kepada seluruh Pangkotama yang wilayahnya dilewati oleh arus pemudik, Kasad berharap agar satuan-satuan di wilayah tersebut menyiapkan posko-posko rest area bagi pemudik. “Misalnya di Kodim atau Koramil mendirikan tenda-tenda istirahat, penyiapan toilet layanan kesehatan dan juga dapat memberikan bantuan lainnya seperti minum dan snack,“ himbau Kasad.

Selain pembahasan seputar pengamanan dan kewaspadaan satuan jelang lebaran, Kasad tak lupa meminta laporan para Pangdam terkait upaya Kodam dalam turut menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar satuan TNI AD. “Saya minta kita membantu menjaga stabilitas harga sembako di pasaran, agar masyarakat tak terbebani dengan harga-harga barang yang naik jelang hari raya,” harap Kasad.

Menurut Kasad, upaya yang dilakukan termasuk langkah antisipasi dan perbantuan dalam hal distribusi jikalau terjadi kendala pada kendaraan-kendaraan pengangkut sembako. Permintaan Kasad ini direspon dengan laporan pelaksanaan kegiatan pengecekan harga sembako oleh personel Kodam bekerjasama dengan Forkopimda ke pasar-pasar setempat, dan diperoleh hasil bahwa harga-harga kebutuhan masyarakat stabil jelang lebaran ini.

Diakhir teleconference-nya dengan para Pangkotama, Kasad menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1439 Hijriah kepada seluruh prajurit TNI AD, PNS dan keluarganya serta menyampaikan pesan untuk menjaga faktor keamanan personel maupun materiil bagi personel yang menjalani cuti bersama dan mudik ke kampung halaman masing-masing. Sementara para Pangkotama juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kasad atas Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh prajurit dan PNS, serta bingkisan kepada prajurit yang ada di daerah operasi, sebagai bentuk perhatian pimpinan kepada anak buahnya.

Komentar

Loading...