Dampingi petani, Babinsa Lembah Sabil Bantu Bajak Sawah

IMG_20180710_160017

Abdya - Proses pengolahan lahan di awal pertanian merupakan tahap yang paling menentukan terhadap produktifitas pertanian. Dengan pengolahan lahan yang sempurna maka akan dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Hal ini dikatakan oleh Kopda Zuriadi anggota Babinsa dari Pos Ramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya saat mendampingi petani binaannya membajak sawah, di persawahan Poktan Sempurna Karya, Desa Meunasah Tengoh Kecamatan Lembah Sabil. Selasa (10/7/2018).

Dijelaskan olehnya, tujuan dari pembajakan ialah untuk mengubah sifat fisik tanah dari yang semula keras sampai menjadi lumpur dan datar. Dalam pembajakan ini kultur tanah yang tadinya ditamani rumput dibolak balik hingga akhirnya akan membusuk dan berguna menjadi kompos bagi tanah. Maka dengan kondisi tanah yang kembali subur, dapat mempercepat pertumbuhan tanaman padi.

Dalam kesempatan tersebut selain memantau dan mendampingi, Kopda Zuriadi juga menyempatkan diri turun langsung membantu petaninya membajak sawah dengan menggunakan alsintan hand traktor.

Daud (petani/43) kepada Media Center mengatakan, dirinya merasa sangat kagum kepada Babinsa dalam mendorong kemajuan pertanian. Katanya, bukan hanya teori yang dikuasi oleh para Babinsa, namun praktek nyata di lapangan juga mampu ditunjukan oleh para Babinsa.

"Dulu pemikiran saya, TNI hanya mampu dalam bidang pertahanan dan perang saja, namun pemikiran ini kini ditepis oleh kasat mata saya secara langsung di lapangan, kalau TNI juga mumpuni dalam bidang pertanian”, tutur Daud.

Komentar

Loading...