Tinjau Langsung Lahan Sawah Kekeringan, Dandim 0105/Abar Akan Bantu Atasi

WhatsApp Image 2018-07-15 at 18.21.19

Meulaboh, Dampak kemarau yang berkepanjangan di Aceh Barat membuat Dandim 0105/Abar Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd turun langsung melihat Masyarakatnya yang mengalami kekeringan Sawah, Minggu (15/7/218).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0105/Abar yang di dampingi oleh Wartawan Aceh Barat meninjau dua lokasi kekeringan sawah yaitu di Ds. Alue Tampak dan Ds. Pasi Jambu Kec. Kaway XVI Kab. Aceh Barat.

Berdasarkan hasil laporan dari Jajaran Koramil Kodim 0105/Abar ada beberapa titik area pesawahan yang kekeringan akibat kemarau panjang, akan tetapi pihak Koramil telah melakukan upaya dengan mengerahkan bantuan mesin pompa air,  akan tetapi hasilnya tidak maksimal, kelompok tani di wilayah Aceh Barat juga telah berupaya membuat aliran air secara tradisional sama hasilnya juga tidak maksimal sehingga dilakukan upaya koordinasi ke Pemerintah daerah Aceh Barat khususnya dinas Pertanian.

Melalui dinas Sosial telah di realisasi pembuatan Sumur Bor dan Bantuan Pompa Air dengan menggunakan anggaran APBA Porpinsi di tiap lokasi kekeringan,  ada yang sudah dapat berfunsi dan ada yang sedang dalam pembuatan akan tetapi ada beberapa kendala yang timbul akibat sumur bor kapasitas besar tersebut, yaitu salah satunya mengganggu sumber air Masyarakat, sehingga hal tersebut sedang dalam proses pemantauan.

Dandim 0105/Abar mengungkapkan" Pihaknya akan memantau keadaan wialayah yang dilanda kekeringan sawah, karena salah satu mata pencarian masyarakat adalah bercocok tanam padi, mereka setahun cuma dua kali penanaman, apabila terjadi kendala kekeringan maka berdampak negatif terhadap pertumbuhan padi, dan akan mengalami kerugian kepada petani padi, dalam hal ini Pihak Kodim 0105/Abar telah di bagi beberapa wilayah yang dalam pantauan Babinsa, Babinsa akan memantau aktifitas dan kendala para petani, serta melaporkan kepada saya melalui Danramil dan Danpos Ramil Jajaran Kodim 0105/Abar untuk mencari solusi penanganan masalah kekeringan sawah, saya akan membantu semampu saya,  dengan berkoordinasi kepada pihak terkait, masalah kekeringan akan berdampak kepada swasembada pangan" Ujarnya.

Khusus di wilayah Kec. Kaway XVI ada sekitar lebih kurang 100 Ha area sawah di Ds. Alue Tampak dan 114 Ha, di wilayah Pasi Jambu dan Blang Berandang Perbatasan antara Kecamatan Kaway XVI dan Johan Pahlawan.

Komentar

Loading...