Kodim 0112/Sabang Gelar Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Sabang-  Sistem pertahanan semesta yang telah ditetapkan oleh UUD 1945, UU RI Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan negara dan UU RI Nomor 2004 tentang komponen kekuatan pertahanan negara di darat, TNI AD sebagai pertahanan lainnya dapat memberdayakan dan sumber daya yang ada sehingga dapat di mobilisasi untuk menghadapi setiap segala ancaman dan gangguan dalam mewujudkan pertahanan semesta terhadap keutuhan bangsa dan negara demi tegaknya NKRI.

TNI AD melaksanakan tugas dan fungsi dalam organisasi Angkatan menyelenggarakan pembangunan dan pengembangan kekuatan Matra Darat bertujuan untuk menyiapkan kekuatan dalam wujud kesiapan.

Pertahanan negara yang mantap merupakan bagian dari wujud stabilitas nasional yang dinamis serta menjadi salah satu syarat untuk mencapai daerah yang dilibatkan seluruh kekuatan bangsa dan sumber daya nasional guna menghadapi segala jenis ancaman.

Pendayagunaan wilayah negara dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah dan mengatur sedini mungkin apabila dibutuhkan kondisi wilayah siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara. Salah satu kegiatan pendayagunaan wilayah negara adalah Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat (RTRW), pertahanan darat yang disesuaikan dengan daya alam dengan senantiasa memperhatikan kesimbangan maupun kelestarian lingkungan.

Guna menjamin terlaksananya kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat TA 2018 oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran Kodim 0112/Sabang, maka disusun pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat untuk diadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Acara kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat dilaksanakan di Aula Makodim 0112/Sabang Jln.Balohan Sabang Kecamatan Sukakarya Kota Sabangi. Senin (16/07/18).

Adapun maksud dan tujuan kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat TA 208  adalah memberikan gambaran dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat pada triwulan III TA 2018 di wilayah Kodim 0112/Sabang sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar serta mencapai hasil yang optimal.

Tema pelaksanaan kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat TA 2018, ”Melalui Pembinaan RT/RW, kita tingkatkan sinergitas RT RW wilayah Pertahanan dengan RT RW Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan keserasian, keselarasan dan keterpaduan dalam pembangunan kepentingan kesejahteraan serta pertahanan negara.

Sasaran kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat diharapkan tersusunnya data tentang jenis tanah yang terdapat di wilayah berdasarkan beberapa klasifikasi antara lain pantai landai, pantai terial dataran rendah. dataran tinggi pegunungan, rawa dan tanah liat. Bencana alam berada di wilayah berdasarkan kejadian bencana alam yang terjadi dengan jenis bencana alam antara lain gempa bumi, gunung meletus, angin topan, banjir, Tanah longsor dan kebakaran hutan. Data tentang curah hujan berdasarkan kondisi cuaca yang terjadi di wilayah diantaranya suhu udara, kelembaban udara musim hujan yang terjadi dan curah hujan.

Data pulau-pulau di wilayah yang memuat tentang pulau, luas pulau dan jumlah penduduk. Data daerah tempur yang memuat tentang wilayah yang disiapkan (daerah tempur, rintangan alam dan buatan, obyek strategis dan hambatan) dan daerah yang diperuntukan (hutan dan produk masyarakat).

Data daerah belakang atas dasar kesamaan visi dan misi serta antara rencana tata ruang wilayah pertahanan darat oleh kepentingan pertahanan negara dengan rencana ruang Kota Sabang kepentingan sehingga tercapai keserasian, keselarasan dan keseimbangan yang memuat tentang wilayah, instansi (jalan utama dan jalan cadangan).

Tersedianya daerah tempat latihan provinsi menyelenggarakan latihan tingkat Brigade dan pada tingkat Kabupaten dapat menyelenggarakan latihan petempuran (BTP) serta logistik wilayah (SDA) perikanan, pertanian dan industri.

Data daerah pangkal perlawanan yang memuat tentang wilayah, daerah yang disiapkan (daerah utama dan daerah cadangan), jalan pendekat (jalan utama dan jalan cadangan) dan logistik (perkebunan, pertanian dan industri). Data jumlah Kodim, Koramil, Kecamatan dan luas daerah.

Jenis materi diantaranya jenis tanah, bencana alam, Curah hujan, pulau-pulau di wilayah, daerah tempur, daerah belakang, daerah pangkal perlawanan, jumlah Koramil, Kecamatan dan luas daerah.

Adapun sebagai penyelenggara kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat,pada awal kegiatan Sambutan Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus,S.E mengharapkan kepada para peserta dan pemateri supaya dapat menerima semua rangkaian kegiatan.dengan sungguh sungguh jangan ada yang terlewatkan.