22 Casis Seskoad Ujicoba II CBT

Banda Aceh – Sebanyak 22 Calon Siswa Sekolah Komandan dan Staf Angkatan Darat (Casis Seskoad) Panda Kodam IM melaksanakan kegiatan Ujicoba II Computer Based Test (CBT)  di Aula Bhakti Utama Rindam IM, Rabu (18/07/18).

Adapun Materi dalam CBT yang dilaksanakan Casis Seskoad Panda Kodam IM adalah ujian aplikasi yang sering dijadikan bahan ujian materi pelaksanaan Test Sekoad TNI AD dengan alokasi waktu 5 jam dimulai pukul pukul 07.30 s/d 12.30 Wib.

Computer Based Test (CBT) yang segera mulai diterapkan pada  seleksi pendidikan untuk semua jenis pendidikan di TNI-AD, pada saat itu di mulai uji coba untuk seleksi susdandim, susdanrem dimana pada uji coba tersebut berhasil dan tidak ditemukan permasalahan yang menonjol baik dari segi aplikasi CBT maupun personilnya ungkap Letkol Inf I Made Maha Parta  sebagai perwakilan Pantokir Pusat Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Panpus seskoad).

Langkah selanjutnya CBT diterapkan pada calon siswa pendidikan Seskoad pada tahun anggaran 2018. Hal ini merupakan bukan hal yang baru karena untuk siswa secata dan secaba sudah lama pendaftaran secara online, tentunya ada kemajuan teknologi di bidang IT untuk penerimaan personil baru TNI-AD. Kedepan untuk calon sekolah pendidikan secaba reg dan secapa reg menggunakan juga CBT.

CBT (Computer Based Test) adalah ujian yang dilakukan dan dikerjakan dengan menggunakan media komputer sebagai pengganti PBT (Paper based test), dimana penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta ujian mendapatkan paket soal yang berbeda-beda dan penilaian bisa langsung dilakukan secara otomatis.

Dari uraian diatas diterangkan tentang CBT, sehingga dapat diambil kesimpulan setiap personil TNI-AD harus bisa menggunakan dan mengoperasionalkan komputer tanpa terkecuali. Disinilah tugasnya komandan Satuan untuk memberikan pelatihan bagi prajuritnya agar prajurit tersebut bisa familiar dengan komputer dengan cara pelatihan komputer di ruangan laboratorium komputer di satuannya masing-masing terutama aplikasi CBT.

Hadir dalam kegiatan Ujicoba II Computer Based Test (CBT)  Seskoad di Panda Kodam IM antara lain Letkol Inf I Made Maha Parta (Panpus seskoad), Serka Hajir ( Panpus Disinfolahtad), Pabanya Dik Kodam IM, Pabandya Pam Sintel Kodam IM, dan perwakilan Infolatah Kodam IM.