Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Lhokseumawe – Komandan Pos Koramil Muara Dua Pelda Ilham memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan SMA Negeri 5 Lhokseumawe, Senin (17/7/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA Negeri 5 Lhokseumawe, Desa Paya Puntet, Kecamatan Muara Dua,Kota Lhokseumawe, diikuti sekira 110 siswa.

Materi yang disampaikan meliputi kesadaran berbangsa dan bernegara,di antaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta mampu untuk membela negara.

Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,serta mampu untuk membela tanah air yang kita cintai.

Dijelaskan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Pelda Ilham menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

Pelda Ilham juga menyampaikan kepada siswa SMA Negeri 5 Kota Lhokseumawe akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda dan bisa memecah persatuan bangsa,tegasnya.