Dengan Ramah Babinsa Koramil 04/Susoh Ulurkan Tangan Bantu Petani

Abdya – Suksesnya program Swasembada Pangan Nasional tidak terlepas dari peran Babinsa di masing-masing wilayah. Berfungsi sebagai ujung tombaknya Satuan Teritorial, Babinsa dengan tangan dingin, dan keramahananya senantiasa hadir di tengah petani mempelopori usaha-usaha untuk membantu mangatasi kesulitan para petaninya.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Kopda Abdul Qadir Jailani anggota Babinsa dari Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya yang turun langsung ulurkan tangan bantu petani binaannya memupuk padi, berlangsung di Desa Panjang Baru Kecamatan Susoh. Kamis (20/9/2018).

Saat ditemui Media Center ia menuturkan kegiatannya ini merupakan bukan yang pertama kali. Katanya, persawahan yang berukuran luas 15 Hektar tersebut sudah berapa kali musiman ia dampingi.

“Tepatnya dari pra pengolahan lahan hingga pasca panen saya dampingi. Dan ikatan bathin ini (dengan petani) kian semakin melekat”, ungkapnya.

Hal ini dibenarkan oleh petani Yasir (40thn), bahwa kehadiran Babinsa di sawah ibarat air di kala kemarau. Menurutnya sikap dan tindakan Babinsa menjadi tauladan bagi para petani. “Secara langsung kami diajarkan tabah, pantang menyerah, dan tetap semangat dalam bekerja”, sebutnya.

Yasir berharap, kegiatan pendampingan Babinsa dalam pertanian berlanjut seterusnya. Mengingat mayoritas perekonomian masyarakat Abdya khususnya Desa Panjang Baru berasal dari pertanian.