“BABINSANYA TURUN KE SAWAH, INI KATA DANRAMIL 17/IDT”

Aceh Timur-Dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan. Salah satu diantaranya kegiatan yang dilakukan Babinsa Ramil 17/Idi Tunong, yang melakukan pendampingan petani membajak sawah, Sabtu (18-09-2018).

Kapten Inf Zainudin selaku Danramil 17/Idt mengatakan seorang Tni tidak semata-mata hanya jago dimedan pertempuran akan tetapi jago juga dimedan ladang. Seperti yang dilakukan para Babinsanya turun ke sawah membantu petani membajak sawah dengan menggunakan alat bajak modern traktor untuk menggarap lahan sawah sehingga hasil membajaknya lebih cepat dan dapat segera ditanami, “terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI dalam mendampingi para petani dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Idi Tunong, sehingga tercipta Swasembada Pangan yang mencukupi, selalu memotivasi, memantau dan memonitoring untuk menghimbau para petaninya yang sudah panen segera menggarap lagi lahan sawahnya, “terangnya lagi.

Ia juga menambahkan pembentukan Kelompok Tani sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama. Kelompok Tani terbentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan, kepentingan yang sama, satu tujuan yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggotanya.

Seperti halnya dengan Kelompok Tani yang berada di wilayah binaannya ini, yang mana Babinsa Ramil 17/Idt melakukan pendampingan Upaya khusus dengan menyiapkan lahan pertanian dengan membajak sawah, penyiapan lahan, di Desa Seuneubok Alue Kumbang, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur.

Tujuan serta adanya Kelompok Tani sejalan dengan adanya pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa. Komitmen pendampingan kepada petani tersebut, merupakan bukti TNI AD benar-benar menjalankan tugasnya mewujudkan Swasembada