Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Korem 012/TU Gelar Sosialisasi P4GN

Meulaboh – Seiring dengan maraknya peredaran Narkoba di daerah hingga ke desa-desa, Korem 012/TU menggelar sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada Prajurit Korem 012/TU bertempat di Aula Korem 012/TU, Sabtu (03/11).

Adapun Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan wawasan tentang bahaya Narkoba kepada para Prajurit sehingga kedepan tidak ada Prajurit khususnya anggota Korem 012/TU yang ingin coba-coba apalagi memakai ataupun mengedarkan Narkoba.

Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, S.E yang di sampaikan oleh Kasi Intel Korem 012/TU Letkol Inf Arief Wicaksana, S.H menyampaikan Penyalahgunaan Narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan sekaligus menjadi musuh kita bersama yang harus dilawan sehingga memerlukan strategi yang melibatkan komponen masyarakat, termasuk Prajurit TNI AD, maka dari itu perlunya sosialisai tentang P4GN dengan harapan para Prajurit memahami dampak negatif dari Narkoba.

Waspada dan berhati-hati, pahami apa itu narkoba, pahami peredarannya dan pahami bagaimana cara mencegahnya, sehingga kita dan keluarga kita tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

“Ikuti, simak dan cermati kegiatan sosial ini, perhatikan dengan seksama dan pergunakan waktu dengan efektif dan efisien. Tanyakan apabila belom mengerti ataupun belom paham tentang bahaya narkoba demi mendapatkan pemahaman yang komperensif guna menambah wawasan dan pengetahuan dari pengaruh bahaya Narkoba tersebut”, Jelasnya.

Gelar Sosialiasi P4GN yang diikuti +-150 Prajurit dan PNS TNI Korem 012/TU, Sosialisasi tersebut diberikan oleh nara sumber dari Anggota Rumkit TK.IV IM 07.02 Mbo Lettu Ckm dr. Zimah.

“Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, sedangkan Zat adiktif ialah bahan yang penyalahgunaannya dapat menimbulkan ketergantungan psikis,” Ucap Lettu Ckm dr. Zimah.

Selain itu juga, menjelaskan tentang jenis-jenis Narkoba, bahaya Narkoba terhadap tubuh manusia selain itu Narkoba juga dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan orang terdekat maupun nama baik satuan.

Tidak hanya itu saja “Sanksi bagi prajurit yang terlibat narkoba bukan lagi himbaun terhadap bahaya narkoba, sekarang ini TNI AD konsensus, prajurit terbukti pakai narkoba, tes urine positif berarti pidana dan proses akan lakukan pemecatan,” Pungkasnya