Kasdam IM Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Banda Aceh – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E.menghadiri upacara Hari Pahlawan Nasional tahun 2018 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (10/11).

Upacara peringatan Hari Pahlawan bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof.Dr. Samsul rizal, M.Eng, yang dihadiri, Sekda Aceh, Dermawan, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah,Pejabat Tinggi TNI dan Polri, para pimpinan SKPA serta seribu personel upacara yang terdiri dari TNI, Polri, Anak Sekolah, Satpol PP, serta unsur Forkopimda Aceh.

Dalam amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan oleh Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia” .

“Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalamdiri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara”.

Peringatan Hari Pahlawan, kata Agus, harus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan,melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan”. Pungkas Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal membacakan amanat Menteri Sosial.

Usai peringatan Hari Pahlawan Nasional, juga akan dilakukan jamuan dan silaturrahmi dengan para keluarga veteran di Pendopo Gubernur Aceh.