Pangdam IM : 2758 Personel TNI-Polri Siap Amankan Kunker Presiden RI ke Aceh

Banda Aceh- Sebanyak 2758 Personel TNI-Polri siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia ke Aceh pada tanggal 13 sampai dengan 14 Desember 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Indratmoko kepada awak media usai memimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (12/12/18).

Pangdam menjelaskan Prosedur Pengamanan VVIP khususnya RI 1 maupun RI 2 standarnya adalah sama yaitu berpatokan sesuai dengan UU RI no. 34 Tahun 2004 tentang TNI, disebutkan salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah bertanggungjawab terhadap pengamanan Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

“Hal tersebut sebagai dasar pelaksanaan pengamanan  Presiden dengan dibagi Ring 1,2, dan 3 pada lokasi yang menjadi tujuan Kunker Presiden”. Tutur Pangdam IM.

Sementara itu, pada umumnya dalam pengamanan VVIP untuk personel TNI-Polri akan ditempatkan pada ring 2 dan 3, untuk ring 1 adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Adapun agenda Presiden Ir. Joko Widodo di Provinsi Aceh yaitu, akan melakukan “Ground Breaking” (peletakan batu pertama) pembangunan jalan tol Banda Aceh Sigli yakni di Blang Bintang, Aceh Besar”. Pungkas Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Indratmoko.

Apel Gelar Pasukan Pam VVIP tersebut turut diikuti, Kapolda dan Waka Polda  Aceh, Kasdam IM, Polda Aceh, Kapok Sahli Pangdam IM, para pejabat utama Kodam IM dan Polda Aceh, serta Forkopimda Aceh.