TNI Bersama Murid SMPN 2 Longkib Tanam Buah Buahan

Subulussalam – Bati Tuud Koramil 03/Longkib Pelda Agus Susanto bersama siswa-siswi SMPN 2 Sikerabang menanam bibit pohon buah buahan  di lahan kosong pekarangan sekolah tersebut, tepatnya di desa Sikerabang, Kecamatan Longkib Kota Subulussalam, Rabu (16/01/19).

Saat berlangsungnya acara tersebut, Bati Tuud Koramil 03/Longkib Pelda Agus Susanto mengatakan, hal itu sedang gencar dilakukan mereka sebagai bentuk kampanye pemanasan global (global warming) serta dampak dari pemanasan global tersebut.

Terlebih lagi, sekarang sedang marak aksi penebangan liar, baik yang berizin maupun yang illegal, yang tanpa kita sadari akan semakin mengancam kelestarian alam dan lingkungan.

“Awalnya untuk lebih menarik minat para siswa-siswi, kita sengaja menanam beberapa jenis pohon buah, diantaranya pisang barangan, jambu madu, jambu boll dan pohon mangga. Selain dapat menjaga kelestarian lingkungan, saat besar nanti hasil dari pohon buah ini dapat dirasakan langsung oleh generasi berikutnya,” ujar Pelda Agus.

Secara terpisah, Plh. Danramil 03/Longkib Letda Inf Halomoan Turnip mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon tersebut merupakan program kerjasama Koramil 03/Longkib Kodim 0118/Subulussalam dengan pihak Sekolah SMPN 2 Sikerabang Kecamatan Longkib.

“Kami mengajak para siswa siswi SMPN 2 Sikerabang guna menambah ilmu tentang manfaat dari pohon buah buahan dalam menjaga kestabilan udara dan bisa mencegah bencana longsor serta panen buah tersebut dapat dimanfaatkan kepada seluruh Murid dan Guru sekolah,” katanya Plh. Danramil 03/Longkib Letda Inf Halomoan Turnip.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 2 Sikerabang, Heri Sukanda S.Pd yang ikut mendampingi para siswa siswinya mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini banyak manfaatnya bagi pelajar karena bisa menanamkan sejak dini tentang pengetahuan dari manfaat pohon untuk kehidupan manusia.

Menurutnya, pengajaran tentang pelestarian lingkungan memang perlu dilakukan semenjak dini. Mulai maraknya aksi penebangan hutan secara ilegal perlu diantisipasi dengan menanamkan jiwa untuk menjaga dan merawat lingkungan dan alam.

Para anak pelajar ini, kata dia, sangat antusias dan senang serta semangat dalam melakukan penanaman pohon Buah buahan bersama anggota TNI.