Pimpin Upacara Bendera, Danrem 012/TU Bacakan Amanat Panglima TNI

Oleh

Meulaboh – Komandan Korem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Aswardi, S.E memimpin atau menjadi Irup pada Upacara Bendera Bulanan yang bertempat di Lapangan Makorem 012/TU, Kamis (17/1/19).

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 012/TU membacakan langsung amanat dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.I.P.

Mengawali amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa pencapaian yang telah dilaksanakan oleh TNI selama tahun 2018, di antaranya seperti pengamanan Pilkada serentak, penanganan bencana alam di Palu dan Lombok, pengamanan Asian Games Jakarta dan Palembang, pelaksanaan Latgab dengan scenario 3 trouble spot.

Selanjutnya TNI juga telah melaksanakan pengembangan organisasi khususnya di wilayah timur, pembentukan satuan terintegrasi di Natuna, penangulangan bencana alam di Asmat Papua dan Mausu Ane Maluku, evakuasi dan pencarian Lion Air JT-610, mengatasi kelompok bersenjata di Nduga Papua, serta terlibat aktif menjadi pasukan perdamaian PBB.

Ia mengatakan, itu hanya sebagian kecil catatan yang perlu dilihat sejenak, sebagai bahan renungan dan kajian kita bersama. Kelebihan dan kekurangan yang ada, hendaknya menjadi pelajaran dalam mengemban amanah  yang dipercayakan kepada TNI.

Ia berharap, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, TNI dinilai mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinnekaan. "Untuk itu TNI bersama-sama segenap komponen bangsa harus mampu melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas, dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di masyarakat," urai Panglima TNI dalam amanatnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menekankan, agar seluruh prajurit dan PNS TNI senantiasa menjunjung tinggi netralitas pada Pileg dan Pilpres 2019 sesuai dengan yang telah dicanangkannya.

Di akhir amanatnya, ia berpesan, selain melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus dapat bersatu dan manunggal dengan rakyat. "TNI adalah bagian dari rakyat, dan Kemanunggalan TNI dan Rakyat adalah marwah NKRI sejak negeri ini berdiri," tutupnya.

Komentar

Loading...