Kreatif, Babinsa dan Pelajar SD Jadikan Sampah Non Organik Sebagai Hiasan Taman

Aceh Jaya – Babinsa Koramil 01/Lamno Kodim 0114/Aceh Jaya Serda Dedi Pranata bersama Kepala Sekolah SDN 13 Jaya Ibu Sabariah dan pelajar SD memanfaatkan sampah non organik sebagai hiasan taman di sekolah tersebut, Jumat ( 22/2/19 ).

Sampah non organik yang digunakan adalah botol plastik air mineral bekas yang dibuang oleh warga.

Botol plastik tersebut dipilih dengan ukuran yang sama dan diisi pasir kemudian disusun vertikal mengelilingi taman berukuran mini.

“ Kita melatih siswa SDN 13 Jaya memanfaatkan sampah non organik berupa botol air meneral bekas sebagai hiasan taman. Penggunaan botol bekas ini selain untuk menumbuhkan kreatifitas pelajar juga sebagai upaya untuk mengurangi sampah,” kata Serda Didi Pranata.

Serda Dedi menjelaskan bahwa saat ini sampah non organik sangat banyak ditemukan karena dibuang sembarangan sehingga kerap mencemari lingkungan. Selain itu sampah non organik tersebut sangat sulit untuk hancur bahkan membutuhkan waktu sampai puluhan tahun.

“ Sampah non organik sudah sangat banyak ditemukan disekeliling kita, sampah ini sudah mencemari lingkungan. Jika kita biarkan sampah ini tidak akan hancur sampai puluhan tahun bahkan botol air mineral yang kita gunakan akan hancur setelah 20 tahun,” jelas Serda Dedi Pranata.

Selanjutnya menurut Serda Dedi salah satu cara untuk mengurangi sampah non organik tersebut adalah dengan memanfaatkannya sebagai bahan untuk kerajinan tangan.

“ Salah satu upaya untuk mengurangi sampah non organik diantaranya kita gunakan sebagai hiasan taman seperti ini dan juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan seperti bunga plastik dan lain – lain”, tutupnya.