Kasdam IM Tatap Muka dengan Orang Tua/Wali Calon Tamtama PK Gel 1 TA. 2019

Banda Aceh – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI A. Daniel Chardin, S.E.  tatap muka dengan Orang Tua/Wali Calon Tamtama Prajurit Karir TNI Angkatan Darat (PK TNI AD) Gel 1 Tahun Anggaran (TA) 2019, bertempat di Lapangan Indoor, Jasdam IM, Banda Aceh, Rabu (06/03/2019).

Acara Tatap Muka tersebut dihadiri berkisar 2000 orang tua/wali calon Tamtama PK TNI AD yang mendaftar dari seluruh wilayah Provinsi Aceh. Para orang tua/wali calon menerima penjelasan tentang cara penerimaan TNI AD dari Kasdam IM. Sehingga orang tua/wali calon memperoleh informasi yang sebenar-benarnya tentang proses penerimaan prajurit TNI di Kodam Iskandar Muda.

Kasdam menjelaskan, saat ini adalah eranya keterbukaan.  Oleh sebab itu, setiap proses seleksi penerimaan prajurit harus dilakukan secara objektif dan transparan.

“Dalam penerimaan Tamtama PK TNI AD, tidak ada calo dan suap menyuap. Karena panitia akan bekerja secara terbuka, jujur dan benar, salah satunya adalah pada saat kegiatan seleksi, calon hanya dibekali dengan barcode yang isinya hanya diketahui oleh Sekretaris Panitia Daerah”. Tegas Kasdam IM.

“Saya berharap orang tua/wali mempercayakan seleksi kepada panitia, serta selama proses penerimaan maupun seleksi para calon tidak dipunggut biaya alias gratis. Apabila ada oknum-oknum yang minta uang untuk menjamin kelulusan, laporkan ke saya,” pesan Kasdam IM.

Agar tidak terjadi kecurangan, Jenderal bintang satu ini menegaskan, pelaksanaan seleksi tersebut akan diperketat dari tingkat daerah sampai pusat. Sehingga, TNI AD mendapatkan prajurit-prajurit pilihan sesuai yang diinginkan TNI AD.

“TNI AD menginginkan prajurit benar-benar lulus murni, artinya tidak ada embel-embel di belakang karena menyogok,” pungkas Kasdam IM.

Kasdam Iskandar Muda berpesan kepada orang tua/wali agar memberikan dorongan mental, motivasi, serta dukungan kepada anaknya untuk mempersiapkan diri baik mental maupun fisik.

“Karena setiap calon prajurit harus benar-benar melatih dan menjaga fisik serta menjaga kesehatannya,” ucap Kasdam IM.

Sementara informasi yang diterima dari Ajendam Iskandar Muda, bahwa animo pendaftar Calon Tamtama PK TNI AD TA 2019 mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Calon yang telah memenuhi syarat akan dikirim ke Panitia Pusat ( Rindam IM ) untuk melanjutkan seleksi selanjutnya, Animo Pada tahun ini lebih meningkat dibandingkan pada tahun 2018, Pada tahun 2018 sebanyak 990 peserta dan ditahun 2019 sekarang ini meningkat menjadi 1080 peserta seleksi.

Dalam acara tersebut Kasdam Iskandar Muda didampingi oleh Asisten Personel Kasdam IM Kolonel Inf Agung Gunawan, Kepala Kesehatan Kodam IM Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan, Sp.JP (K) M.A.R.S., FIHA., dan Kepala Ajudan Jenderal Kodam IM Kolonel Caj Muhammad Yusuf Nasution, S.Sos.