Babinsa Bantu Petugas Kesehatan Laksanakan Fogging

Tapaktuan – Babinsa Koramil 01/Tapaktuan Kopda Masroni membantu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Aceh Selatan melakukan pengasapan (fogging) untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) bertempat di Asrama Kodim 0107/Aceh Selatan.

Babinsa memang harus perduli terhadap lingkungannya dan terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging. Senin (18/03/2019).

Kopda Masroni mengatakan nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.

“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” tuturnya.

Ditambahkan, dalam mencegah gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan, obat anti lotion, nyamuk bakar, elektrik, semprot dan lain-lainnya.

Namun, apabila tidak diperhatikan dengan baik, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia karena dapat memberikan efek samping, sehingga ada baiknya warga Asrama Kodim perlu mengetahui aneka obat-obatan untuk pengusir nyamuk baik herbal, alami, tradisional yang mudah untuk dirumah sendiri.

“Begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya,“ ucapnya.

Sementara itu, Petugas Kesehatan dari Dinkes Pak Eko selaku penanggung jawab dilapangan mengungkapkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Babinsa yang selalu mendampingi dan membantu untuk melakukan  penyemprotan di Asrama Kodim maupun di desa-desa lainnya.

“Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk”, katanya.