Sasaran Non- Fisik Program TMMD Ke- 104 Kodim Aceh Selatan

Kluet Tengah – Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 104 Kodim 0107/Aceh Selatan, yakni disamping sasaran fisik berupa pembangunan pembukaan jalan, pembangunan rumah layak huni dan sarana olah raga, juga ada sasaran non fisik berupa melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara.

“Setiap warga negara suatu bangsa memiliki rasa kebangsaan dalam perasaan atau pikiran dalam hati nuraninya rasa kebangsaan merupakan hal tidak dapat dilihat, tapi dapat dirasakan meskipun sudah dipahami namun dapat dirasakan apabila terjadi persoalan, sehingga dapat membangkitkan getaran dan pikiran ketika rasa kebangsaan tersentuh tutur Letda Chm Heri Fuji Kristanto selaku (Dan SSK) dalam paparannya di hadapan anak didik SMP 1 Kluet Tengah, Rabu (20/03/2019).

Wawasan kebangsaan bagi bangsa Indonesia dipandang sebagai falsafah hidup bangsa dan digunakan sebagai ” Way of Life ” atau merupakan kerangka pengetahuan yang mendorong terwujudnya jati diri dan digunakan sebagai acuan bagi warga negara Indonesia.

“Empat konsensus dasar – dasar yang disepakati bangsa Indonesia yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika.

Uraian tersebut disimpulkan, nilai – nilai kebangsaan sebagai kristalisasi nilai – nilai yang terkandung yakni, nilai ketuhanan, nilai persatuan, nilai demokrasi, nilai keadilan, nilai pluralis dan multikulturalis, serta nilai patriotisme,” ujarnya.

Ia menambahkan, suatu negara dikatakan kuat pertahanan negaranya apabila bangsa tersebut bersatu padu untuk selalu mempertahankan dan memperjuangkan serta melindungi hak – hak warga negaranya.

Kesadaran bela negara, sambung Heri,  bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembinaan kesadaran bela negara, dan dilaksanakan sejak usia dini hingga usia dewasa guna membangun karakter bangsa Indonesia yang cinta tanah air, rela berkorban demi negara dan bangsa, yakin Pancasila sebagai ideologi negara,” paparnya.

Untuk mencapai tujuan serta sasaran, maka pembinaan kesadaran bela negara dilakukan secara simultan, terpadu dan menyeluruh serta berlanjut, selaras dengan sasaran pembangunan nasional baik secara psikis maupun secara fisik.

Kemudian maksud dan tujuan memberikan gambaran tentang hal – hal yang mendasar mengenai bela negara dan membekali setiap warga negara Indonesia dengan nilai – nilai bela negara dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara sebagai prasyarat dalam membangun sistem pertahanan semesta,” katanya.

Kemudian Letda Chm Heri berharap agar anak didik disiplin, punya dedikasi yang bagus, ada semangat belajar yang sudah diberikan sama guru, paling tidak ke depan akan lebih bagus, maju pikirannya dan punya wawasan hingga menjadi yang terbaik kedepannya,” harap Heri.