Polda Aceh Dan Kodam IM Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Oleh

Banda Aceh- Polda Aceh dan Kodam Iskandar Muda menggelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 bertempat di Lapangan Blang padang Banda Aceh. Jumat (22/03).

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2019 itu dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak bersama Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Sinergi Polri dan TNI dalam pengamanan itu diwujudkan dengan pengerahan personel sebanyak 1800 Personil gabungan, dari Polri dan TNI. Selain itu, ada juga tambahan personel dari instansi terkait yang terjunkan untuk mengamankan pesta demokrasi lima tahunan.

Kapolda dalam kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Menkopolhukam Republik Indonesia  Wiranto, diantaranya mengatakan Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

“Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya”, Ungkapya.

Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara pemililu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transpara, katanya.

“Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggaraan pemilu, akan tetapi sangat menentukan susksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil”. Pungkas Kapolda membacakan amanat Menkopolhukam.

Selesai pelaksanaan apel,Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Djambak dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko juga melaksanakan pemeriksaan pasukan baik materiiil dan personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Rencong 2019.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan keistimewaan aceh M.Jafar. Kasdam IM, Wakapolda Aceh, Danlanal, Danlanud, Para Asisten Kasdam IM, Para Kabalakdam IM serta Pejabat Utama Polda Aceh.

Komentar

Loading...