Pangdam IM Tutup TMMD ke 104 di Abdya

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko selaku Inspektur upacara, menutup Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -104 Kodim 0110/Abdya di Lapangan Desa Adan, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Dayat (Abdya). Rabu (27/3/19).

Abdya – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko secara resmi menutup Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -104 Kodim 0110/Abdya di Lapangan Desa Adan, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Dayat (Abdya). Rabu (27/3/19).

Penutupan TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil TMMD ke-104 Tahun Anggaran 2019 oleh Bupati Abdya, Akmal Ibrahim bersama Pangdam IM dilanjutkan dengan pengembalian tolkit (perlengkapan) TMMD ke - 104 oleh Pangdam IM.

Dandim 0110 Abdya Letkol Arm Iwan Apriyanto , SIP dalam laporannya menyebut bahwa pelaksanaan TMMD ke-104 di Kab Abdya berlangsung dari tanggal 26 Februari 2019 sampai dengan 27 Maret 2019, bertempat di Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya.

Adapun hasil kegiatan TMMD ke 104 Kodim 0110 Abdya berupa sasaran fisik yaitu pembukaan badan jalan sejauh 3.200 M, penimbunan badan jalan sejauh 2.500 M, pembuatan gorong-gorong di 11 titik dan oembuatan jembatan darurat di 4 titik. Kemudian untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan KB Kesehatan, Kesehatan, Narkoba, Hukum, Wasbang, agama, dan pengobatan massal.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam IM mengatakan bahwa program TMMD ke-104 dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Nusantara.

“TMMD yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat,” kata KSAD.

KSAD mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya.

“Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan,” kata KSAD dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam IM.

Diakhir sambutan KASAD juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Seusai upacara, Pangdam IM menyerahkan tali asih kepada orang tua asuh dan membagikan sembako kepada masyarakat. Dalam penutupan TMMD reguler ke- 104 ini, juga diadakan berbagai macam kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal, donor darah, Pembagian sembako serta Bazar Murah.

Sementara Pangdam IM dalam wawancaranya memastikan prajuritnya tetap netral dalam melakukan pengamanan pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Komitmen itu merupakan perintah langsung dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP.

“ Kodam IM dan Polda Aceh menjamin pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di Aceh berjalan lancar, aman, damai dan sukses. TNI dan Polri akan terus bersinergi dalam melakukan upaya-upaya pengamanan di Aceh, baik itu pelaksanaan pemilu dan kondisi lainnya,” pungkas Pangdam IM.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IM juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh untuk menghindari berita - berita yang tidak benar (hoax).

"Saya juga sudah sampaikan kepada seluruh Babinsa untuk menetralisir dan meluruskan berita yang tidak benar. Sehingga masyarakat tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar," ucap Pangdam IM.

Turut hadir dalam upacara penutupan TMMD ke-104Pa Ahli Pangdam IM Bidang Manajemen Sishanneg, Danrem 012 Teuku Umar, Kapaldam IM, Asrendam, Aster Kasdam IM, Dandim 0116/Nara, Waka Polres Abdya, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Abdya.

Komentar

Loading...