Babinsa Kuta Tengah Dampingi Petani Jagung Jemur Hasil Panen

Oleh

Subulussalam - Jagung mempunyai peran srategis di sektor pertanian dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk mendukung agar swasembada pangan tetap bisa terwujud dengan baik tentunya banyak hal yang perlu dilakukan seperti penanganan pasca panen yaitu proses pengeringan hasil panen.

Dalam menyikapi hal itu Babinsa Desa kuta tengah Koramil 01/Simpang Kiri, Kodim 0118/Subulussalam Koptu Duwi  berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi kehidupan masyarakat di desa binaan, dengan membantu menjemur jagung milik Bpk. Marinda berutu Desa Kuta tengah Kecamatan Penanggalan, Kota subulussalam, Senin (22/04/19).

Kenyataan bahwa petani umumnya memanen jagung pada musim hujan dengan kondisi lingkungan yang lembab dan curah hujan yang masih tinggi. Jagung yang dipanen pada musim hujan masih tinggi, berkisar antara 25-35% sehingga jagung berpeluang terinfeksi cendawan yang menghasilkan mikotoksin jenis aflatoksin, untuk itu penjemuran jagung adalah hal yang wajib dilakukan agar jagung tidak terserang jamur sehingga apabila kondisi jagung baik bisa dijual dengan harga yang maksimal.

Komentar

Loading...