Tim Post dan Current Audit Itdam IM, Kunjungi Makudam IM

Banda Aceh –  Tim Post dan Current Audit Itdam IM YANG di ketuai oleh Kolonel Inf Santosa, S.Pd melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan Program Kerja dan Anggaran Triwulan II TA. 2019, bertempat di Kantor Keuangan Kodam Iskandar Muda (Kudam IM), Neusu Jaya, Banda Aceh. Kamis (2/5/19).

Kedatangan Tim Post dan Current Audit tersebut disambut baik oleh Kepala Keuangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Cku Drs. C. Ginansyah Ahmad.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Post dan Current Audit Itdam IM menyampaiakan bahwa kegiatan Post dan Current Audit merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk mengevaluasi pelaksananaan program kerja dan anggaran yang telah dilakukan selama ini serta untuk mengetahui kesesuaian antara program kerja yang direncanakan dengan penggunaan dukungan anggaran yang diberikan.

“ Hal ini penting dilakukan agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan benar serta akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan”, jelasnya.

Selain itu, sambung Kolonel Inf Santosa, S.Pd tujuan kegiatan Post dan Current Audit Itdam IM ini adalah untuk mewujudkan tata kelola keuangan Negara yang transparan dan akuntabel guna mendapatkan penilaian BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan/TNI di lingkungan Kodam IM.  Memperoleh Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) melalui optimalisasi fungsi pengawasan melekat dan Pengawasan fungsional guna mendukung pelaksanaan Program dan anggaran.

“ Metode wasrik yang dilakukan dengan pola Free Audit, Current Audit dan Post Audit bertujuan membantu satuan-satuan sehingga diperoleh pertanggun-jawaban keuangan sesuai dengan akuntansi instansi yang meliputi sistem akuntansi keuangan BPK dan sistem informasi management dan akuntansi barang milik Negara (SIMAK BMN)”, pungkas Kolonel Inf Santosa, S.Pd.

Sementara itu, Kakudam IM Kolonel Cku Drs. C. Ginansyah Ahmad dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Tim yang akan melaksanakan pemeriksaan di Kudam IM, dan dalam hal ini satuan Kudam IM telah berusaha untuk melaksakan program kerja sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, namun demikian siap untuk menerima koreksi, saran dan masukan untuk kebaikan satuan.

Kakudam IM  berpesan kepada pejabat terkait untuk memberikan data sebenar-benarnya, dan mencatat serta mengikuti semua petunjuk serta arahan yang diberikan oleh Tim Post dan Current Audit Itdam IM guna perbaikan kedepan.

“ Dan kepada Tim Post dan Current Audit Itdam IM, apabila dalam pemeriksaan menemukan hal yang kurang sesuai mohon dapatnya untuk memberikan saran, masukan dan arahan untuk perbaikan lebih lanjut” harapnya.