Babinsa Koramil 04/Lhoong Bantu Petani Jemur Gabah

Aceh Besar – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Lhoong Serda Nova Restu Putra membantu petani menjemur Gabah hasil panennya kemarin, bertempat di Desa Keutapang Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (17/05/19).

Serda Nova Restu Putra mengatakan, bahwa tujuan dilakukan penjemuran ini untuk menjaga Gabah kering dari pembusukan, sehingga dapat bertahan lebih lama saat disimpan sebelum nantinya digiling atau dijadikan bibit untuk masa tanam berikutnya.

“Tempat penjemurannya pun harus dikondisi kering, sinar mataharinya cukup dan kalau bisa beralaskan lantai atau bisa ditambah terpal agar bila terkena matahari menjadi lebih panas,” ujarnya.

Dalam proses ini, gabah dapat dijemur sebanyak 3 hari berturut-turut. Hal tersebut dilakukan apabila cuaca sedang mendung sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan proses penjemuran.

“Proses penjemuran ini bisa dilakukan sebanyak 3 hari berturut-turut tergantung cuacanya,” jelasnya

Pada kesempatan itu, Ia juga menyarankan kepada petani agar dalam penjemuran sebaiknya menggunakan tempat yang lapang tidak ada tumbuhan atau lainnya yang menghalangi sinar matahari dan bebas dari genangan air serta dari gangguan unggas yang akan memakan Gabah tersebut.

“Usahakan saat menjemur Gabah harus ditempat yang lapang, supaya Gabah dapat asupan matahari yang cukup dan matangnya lebih sempurna,” pungkas Serda Nova.