Jajaran Kodim 0108/Agara Semarakkan Harkitnas ke-111 Tahun 2019

Oleh

Kutacane-Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019, Dandim 0108/Agara Letkol Czi Noor Arif Khusaini beserta jajarannya semarakkan acara tersebut diiringi Upacara bersama seluruh unsur Forkopimda Kab. Agara dan perwakilan anak sekolah se-Kab. Agara di Sekda Kab. Aceh Tenggara. Senin (20/05/2019)

Selaku inspektur upacara Harkitnas ke-111 tahun 2019 dipimpin oleh Wakil Bupati Kab. Agara Bukhari, selaku Komandan Upacara Kapten Inf Risman Batubara dan Perwira Upacara Kapten Inf Bustami.

Dalam amanatnya enteri Komunikasi dan Informatika yang dibacakan oleh Wabup Kab. Agara Bukhari mengatakan Naskah sumpah palapa memang banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang

dimaksud dengan "amukti palapa". Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa. Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini, Ujarnya Irup depan peserta upacara.

Komentar

Loading...