Babinsa Koramil 10/Pandrah Lanjutkan Program Jambanisasi

Bireuen- Babinsa Koramil 10/Pandrah jajaran Kodim 0111/Bireuen Sertu iskandar melanjutkan kegiatan program Jambanisasi (Sanitasi) kepada masyarakat kurang mampu di seluruh wilayah binaan Koramil 10/Pandrah.

Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat kali ini yang menerima jambanisasi adalah Ibu Fatimah , yang dilaksanakan di Desa Meunasah Reudep, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Kamis (23/05).

Danramil 10/Pandrah Kapten Inf Jailani menuturkan, kegiatan ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan sehingga masyarakat dapat layak hidup sehat.

“Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan dan menjelaskan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” terang Danramil.

Sementara itu, Sertu iskandar menyatakan, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban di wilayah Pandrah masih ada.

“Kegiatan pembuatan jamban ini dimulai dengan penggalian lubang septic tank dan pemasangan kloset,”ujarnya.