Babinsa Posramil Peusangan Siblah Krueng Bantu Petani Panen Kacang Hijau

Bireuen– Babinsa Desa Kubu Posramil Peusangan Siblah Krueng  Sersan Dua Ruswoyo melaksanakan kegiatan pendampingan membantu panen kacang hijau di Desa Kubu Kec. Peusangan Siblah Krueng, Kamis (23/5).

Memasuki musim kemarau petani di wilayah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng sebagian petani banyak yang beralih menanam kacang hijau.

“Kegiatan penanaman kacang hijau dikerjakan mulai dari penyiapan lahan, penanaman sampai dengan panen kurang lebih 3 bulan,” kata Serda Ruswoyo.

Teknis penanaman kacang hijau ini, lanjutnya hanya sekali memerlukan air, pada saat awal penanaman sampai menunggu masa panen. Sehabis itu hanya penyemprotan daun agar terhindar dari serangan hama.

‎Setelah berumur tiga bulan, kacang hijau siap dipanen, setelah dipanen, kacang hijau lalu di jemur beberapa jam, sudah kering dengan cara manual petani memukul kulit kacang hijau yang masih berkulit hingga kacang terlepas dari kulit.

“Kalau sudah terlepas dari kulitnya, kacang sudah siap untuk di jual dipasaran. Babinsa berharap, harga kacang hijau disaat panen  kali ini bisa tinggi, petani agar dapat untung yang lumayan,” ucapnya.