Babinsa Koramil Seunagan Bantu Warga Perbaiki Mesin Penggiling Padi

Nagan Raya-Untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI – AD banyak cara yang di lakukan oleh Babinsa untuk merebut hati rakyat guna kelancaran tugas pokok serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Seunagan, Kodim 0116/Nagan Raya, yaitu Serda Syarwani Majidad yang membantu memperbaiki diesel penggilingan padi di Desa Kulu, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, pada Jumat (24/05/2019).

Hal ini sering dilaksanakan oleh babinsa sebagai Badan Pengumpul (Bapul) dan memperluas jaring teritorial, serta mengajak ke warga masyarakatnya dalam rangka saling menjaga pengamanan diri sendiri maupun orang lain.

“Apabila kita tidak peduli dengan sesama maka akan membuka ruang kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab, melalui Komunikasi Sosial (Komsos) ini mempersempit gerak maju orang yang akan melakukan perbuatan negatif,” ujar Serda Syarwani Majidad.

Suatu upaya untuk memperluas Jaring Teritorial, Babinsa Serda Syarwani Majidad terjun langsung dan selalu memberikan sosialisasi terhadap warganya supaya lebih peka terhadap orang pendatang yang belum di kenal.

Sementara itu, Danramil 04/Seunagan Kapten Inf T Saiful Bahri mengatakan, Babinsa adalah ujung tombaknya satuan dilapangan, maka kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat. “Dengan adanya Babinsa yang berkeliling di Desa binaannya, jadi Babinsa tahu permasalahan permasalahan yang ada, sehingga kalau ada permasalahan cepat dapat terselesaikan,” ujarnya.

“Babinsa selalu memberikan motivasi, dorongan kepada masyarakatnya dalam rangka menjaga stabilitas keamanan untuk menangkal berkembangnya hal yang dapat merugikan masyarakat. Diharapan semakin banyaknya masyarakat yang peduli akan terciptanya kebersamaan dan peduli serta saling membantu, maka dilingkungan sekitarnya akan semakin aman dan nyaman,” tutur Danramil.