Kodim 0113/Galus Gelar Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam

Gayo Lues – Kodim 0113/Gayo Lues menggelar Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana Alam. Pelatihan secara resmi dibuka oleh Kasrem 011/Lilawangsa Letkol Inf Sunardi Istanto,SH, Rabu (19/6/19). Latihan Posko 1 tersebut akan digelar selama tiga hari 19-21 Juni 2019 di Makodim setempat.

Dalam amanat Danrem 011/LW Kolonel Inf Purmanto yang di bacakan Kasrem mengatakan adapun tujuan utama latihan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan teknik, olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kodal operasi.

Selain itu juga kegiatan latihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, masukan dan ilmu pengetahuan tentang mekanisme kerja dan kendali operasi dalam penanggulangan bencana alam yang melibatkan instansi terkait seperti unsur Basarnas, BPBD, Pemda, Polri dan lainnya.

Danrem berpesan, latihan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh disiplin serta semangat yang tinggi agar tujuan dan sasaran latihan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan keinginan dan harapan pimpinan. Latihan juga diambil manfaat yang sebesar-besarnya dan jangan takut salah serta jadikan kesalahan tersebut sebagai suatu pengalaman yang berharga untuk tidak terulang kembali dalam latihan berikutnya.

Dalam kesempata itu juga Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Arm Sugiharto, SE   mengatakan, Latihan Posko 1 yang dilakukan Kodim merupakan program Korem dalam rangka antisipasi bencana alam. Latihan kali in mengambil tema penanggulangan bencana alam khususnya banjir. Latihan dilakukan bersama stake holder terkait seperti Pemda, Polri, BPBD, dan lainnya.

“Pada intinya, latihan posko ini untuk melatih mekanisme kerjasama antara TNI dan instansi lainnya dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam khususnya banjir. Jadi, jika ada ancaman, semua instansi sudah sama-sama siap dengan tugasnya masing-masing,” ujarnya.