Pangdam IM Pimpin Rakornis TMMD Ke-105 Ta. 2019

Banda  Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko memimpin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 diwilayah Kodam IM,  bertempat di Ruang Yudha, Makodam IM. Kamis (20/6/19).

Kegiatan Rakornis TMMD Ke-105 diawali Video Coference dengan Kepala Staf Angkatan Darat dan Menteri Sosial. Dalam kegiatan tersebut dimulai dengan pengantar rapat oleh Aster Kasad, dilanjutkan dengan arahan Sekjen Kemensos tentang kebijakan Kementerian Sosial menuju desa tangguh dan mandiri.

Kemudian dalam rapat tersebut Dirjen Kemendagri RI juga menyampaikan kebijakan Kemendagri yaitu mewujudkan percepatan pembangunan desa yang sejahtera.

Pada acara tersebut, Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD

Kasad mengatakan, sejalan dengan tema yang angkat, yaitu “Bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, Sebagai program terpadu lintas sektoral, maka kekuatan utama TMMD terletak pada sinergi antar lembaga dan koordinasi yang erat antar unsur pelaksana di semua tataran.

Acara Rakornis tersebut diakhiri dengan pernyataan pembukaan TMMD ke- 105 oleh Menteri Sosial Bapak Agus Gumiwang Karta Sasmita.

Pada akhir kegiatan Rakornis TMMD ke- 105 dilanjutkan dengan kegiatan paparan kesiapan TMMD ke- 105 oleh Dansatgas TMMD. Paparan tersebut dipimpin oleh Kasdam IM Brigjen TNI A. Daniel Chardin.

Amanat tertulis Pangdam IM yang di bacakan Kasdam menyampaikan, program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Melalui program TMMD ini Kasdam berharap, dapat memupuk semangat gotong-royong untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan melibatkan TNI AL, TNI AU, Polri, mahasiswa dan Ormas serta seluruh komponen masyarakat yang ada di daerah.

Kasdam menyebutkan, ada empat Kodim yang akan melaksanakan TMMD Ke-105 diwilayah Kodam IM diantaranya yaitu, Kodim 0109/Singkil, Kodim 0111/Bireuen, Kodim 0117/Atam dan Kodim 0106/Ateng.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdam berharap kegiatan TMMD Ke-105 ini dapat berjalan dengan baik. Kasdam juga berpesan agar selalu menjaga  faktor keamanan personel maupun  materiil selama pelaksanaan kegiatan TMMD berlangsung.

“ Jaga nama baik TNI dengan mempedomani delapan wajib TNI, sehingga dapat mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat”, pesan Brigjen TNI A. Daniel Chardin.

Selanjutnya Dansatgas yang akan melaksanakan kegiatan TMMD Ke-105 ini menyampaikan paparan kesiapan TMMD diwilayahnya masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapok Sahli Pangdam, Irdam, para Danrem, para Pejabat Utama Kodam IM, Dirbinmas Polda Aceh, Danlanud Sim, Danlanal Sabang,Kadis Sosial Prov. Aceh, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh, Kepala BKKBN, Kepala Bappeda Provinsi Aceh, serta direksi PT.Solusi Bangun Andalas, Bupati Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Bireuen, Ketua DPRK dan para Kadis Kabupaten.