Dandim Nagan Raya Instruksikan Jajaran Siaga Bencana Alam

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, M.M instruksikan kepada seluruh jajarannya agar mewaspadai potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di wilayah teritorial Kodim 0116/Nagan Raya mengingat cuaca ekstrim yang melanda wilayah Nagan Raya saat ini. 

Hal ini disampaikan Dandim, saat Jam Komandan kepada seluruh Prajurit Kodim 0116/Nagan Raya di Makodim usai pelaksanaan Upacara Bendera, Senin (24/6). 

Dandim mengatakan agar seluruh Jajaran Koramil yang ada di wilayahnya siaga, hal ini dilakukan guna menghadapi datangnya musim penghujan. 

“Terutama di wilayah Posramil Beutong Ateuh Banggalang, Tadu Raya dan Tripa Makmur yang topografinya didominasi oleh kawasan perbukitan,” ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui, lanjutnya, akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam yang terjadi di wilayah Indonesia. Di sisi lain, wilayah Koramil yang berada di lingkungan Kodim 0116/Nagan Raya juga cukup rawan. 

Senada yang sama, Plh Perwira Seksi Operasi Kodim 0116/Nagan Raya, Kapten Inf Legianto menjelaskan, sedikitnya tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Nagan Raya memiliki kerawanan bencana. Masing-masing Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang kerawanan bencana tanah longsor, Tripa Makmur, dan Tadu Raya kerawanan bencana banjir karena Kecamatan tersebut yang topografinya didominasi oleh kawasan perbukitan. 

Menghadapi datangnya musim penghujan, Kodim 0116/Nagan Raya meminta warga di tiga kecamatan ini untuk selalu meningkatkan  kewaspadaan terhadap bahaya tanah longsor dan banjir. 

 “kita akan menggandeng stake holder dari dinas terkait baik Polri, BPBD, Dinas Sosial, Tim Tagana, Tim SAR, dan Pramuka serta komponen masyarakat dalam penanganan bencana alam wilayah Nagan Raya, “ Ujar Legianto.