Kemanunggalan TNI dengan Rakyat adalah Urat Nadi Pertahanan Negara

Banda Aceh – Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda (Kapoksahli Pangdam IM), Kolonel Inf Y. Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara 17-an di Lapangan Jasdam IM, Neusu Jaya, Banda Aceh, Rabu (17/7/19).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol CHK Khairuman, S.H yang sehari-harinya menjabat Wakil Kepala Kumdam IM, pengucap Saptamarga Letda Caj Wahyu Yudha Perkasa, S Tr. (Han), pembaca Undang Undang Dasar 1945 Letda Caj Kukuh Nurpramono, S.E . Sedangkan pembaca Korp Panca Stya Kopri oleh PNS TNI AD Jamaluddin.

Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP yang dibacakan Kapoksahli berpesan kepada prajurit nya agar selalu memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingat Kebhinnekaan yang dimiliki Indonesia.

“Tidak salah bila para pendiri negara ini menetapkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia,” Ujar Kapoksahli kepada peserta upacara.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengharapkan kepada seluruh TNI, agar selalu memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Karena Kemanunggalan TNI dengan Rakyat adalah urat nadi sistem pertahanan semesta. Sadari bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama-sama rakyat, demi kepentingan rakyat,” tegas Panglima TNI.

Terakhir, Panglima TNI mengajak untuk berdoa bagi keselamatan rekan-rekan prajurit TNI yang saat ini masih belum ditemukan di Papua.

“Saat ini pasukan yang ada terus berupaya menemukan 12 prajurit dan helikopter mi-17 yang hilang kontak di pegunungan bintang, Papua,” amanat Panglima TNI yang dibacakan Kapoksahli Pangdam IM Kolonel Inf Y. Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc.

Upacara 17-an yang diselenggarakan Kodam Iskandar Muda tersebut, diikuti para Pa Ahli Pangdam IM, para Asisten, para Kabalak, LO AL, LO AU serta ratusan prajurit TNI Kodam Iskandar Muda baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pengawai Negeri Sipil TNI AD segarnizun Banda Aceh.