Pangdam IM Sebagai Narasumber Seminar Pekan Bela Negara 2019

Oleh

Jakarta - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menjadi nara sumber pada acara seminar pekan Bela Negara 2019 di Audtorium SMA Labscholl JL. Pemuda Komplek Universitas N Jakarta Rawamangun Jakarta Timur, Jumat (19/7/19).

Seminar pekan Bela Negara 2019 itu diikuti seluruh siswa siswi, 300 audensi SMA N Labschool Rawamangun.

Dalam seminar tersebut, Pangdam IM mengangkat tema “Si Vis Pacem Parabellum”. Si Vis Pacem Parrabelum merupakan peribahasa latin yang berarti siapa menginginkan perdamaian, bersiaplah untuk perang.

Saat damai justru kita bersiap untuk perang dan bukan untuk menikmati kedamaian. Menurut Pangdam perubahan situasi dunia, kawasan maupun nasional selalu berubah sedemikian dinamis, harus selalu diikuti untuk menjaga kewaspadaan akan ancaman kedepannya.

Kepada adik-adik sekalian, mari sama-sama menciptakan situasi yang damai, ketika dihadapkan pada suatu situasi penuh konflik. Yakni dengan selalu waspada, siaga setiap saat dengan potensi ancaman yang bisa datang kapan saja.

Pangdam juga mengajak untuk bela negara, mencinta, memahami, merasakan dan membela bangsanya serta memerangi berbagai upaya yang ingin menggangu keutuhan NKRI. Tak hanya itu, sebagai generasi penerus bangsa dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan memiliki prestasi di segala bidang.

“Baik itu prestasi akademik, profesi, dan olahraga. Kalau pelajar, bisa meraih prestasi di Olimpiade keilmuan seperti matematika, fisika, dan lain-lain. Bela negara tidak harus jadi TNI atau Polri.

Generasi muda adalah harapan kami kedepan untuk menciptakan Indonesia yang adil, makmur serta disegani bangsa lain di dunia. Cintai tanah air kita ini, karena siapa lagi yang akan membangun bangsa ini ke depan kalau bukan kalian. Ayo bangun bangsa ini bersama-sama.

Pangdam IM juga mengajak siswa siswi SMA N Labschool Rawamangun sebagai kaum milenial agar dapat menguasai teknologi, bukan sebaliknya, yakni dikuasai teknologi.

“Jika menguasai teknologi maka  akan kuasai dunia, namun jika teknologi menguasai maka akan dikuasai teknologi,” pungkas Pangdam IM.

Komentar

Loading...