Babinsa Bantu Warga Tumbangkan Pohon

Aceh Jaya – Babinsa Koramil 01/Lamno Kodim 0114/Aceh Jaya Serda Dedi Pranata membantu warga menebang pohon rumbia/sagu di Desa Lhuet Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Jumat (9/8/19 ).

Penebangan ini dilakukan karena dianggap dapat membahayakan warga karena pohon tersebut sewaktu – waktu bisa tumbang apabila  diterjang angin kencang.

“ Kita melakukan penebangan pohon ini untuk mencegah korban jiwa. Setelah melihat cuaca kemarin maka pohon ini sangat rentan tumbang jika diterjang angin, “ kata Serda Dedi Pranata.

Sebagaimana diketahu bahwa sehari sebelumnya daerah Kecamatan Jaya dilanda angin kencang yang mengakibatkan puluhan rumah dan warung warga setempat mengalami kerusakan. Meski tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Serda Dedi pada kesempatan tersebut juga menghimbau warga agar selalu berhati – hari terhadap kemungkinan akan munculnya kembali angin kencang di daerah tersebut. Dirinya meminta kepada warga agar membersihkan atau menebang pohon – pohon yang dianggap tidak kuat dan rawan tumbang jika diterjang angin.

“ Saran saya jika ada pohon yang sudah tua dan tidak kokoh lagi di sekitar rumah atau jalan agar ditebang saja. Jangan sampai pohon tersebut tumbang diterjang angin karena akan dapat menimbulkan korban jiwa, “ tutupnya.