Upacara Peringatan Ulang Tahun Ke 74 Republik Indonesia di Lapangan Jasdam IM

Oleh

Banda Aceh - Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Pangdam Iskandar Muda (IM), Kolonel Inf Y. Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc. menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara peringatan Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia di lapangan Jasdam IM, Neusu Jaya, Banda Aceh, Sabtu (17/8/19).

Pada upacara ini mengambil tema “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Dalam amanat Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang dibacakan Kolonel Inf Y. Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc. menyampaikan, bahwa kemerdekaan dan kebebasan yang kita rasakan ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa, serta para pendahulu yang telah berjuang, berkorban jiwa dan raga. Dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri.

“Karena itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” amanat Pangdam.

Menurut Pangdam, bagi Kodam Iskandar Muda kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya.

“Para prajurit yang ada di perbatasan, di wilayah terpencil, di pedesaan dan di luar negeri, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alasan sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat dan dihormati,” kata Pangdam IM.

Dalam amanat tersebut, Pangdam IM mengucapkan terima kasih serta memberikan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada saudara - saudara semua, para prajurit dan PNS TNI AD, beserta keluarganya, lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa dan raganya, demi tugas negara.

Menurut Pangdam IM, tema yang diusung pada peringatan hari ulang tahun ke - 74 Republik Indonesia tersebut, menunjukkan bahwa keunggulan sumber daya manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju.

“Oleh karena itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja, dan dedikasi di bidang tugas kita masing-masing, sebagai sumbangsih kita untuk kemajuan bangsa. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi setiap langkah pengabdian kita demi kejayaan negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tutup amanat Pangdam IM yang dibacakan Irup.

Dalam upacara tersebut diikuti para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS TNI segarnisun Banda Aceh.

Komentar

Loading...