Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, Putra Terbaik Serui Turut Pimpin Sesko TNI

JAKARTA,tniad.mil.id,- Dalam acara laporan korps kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, dari  sepuluh orang Perwira Tinggi terdapat salah satu putra terbaik Serui Papua, yaitu Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra yang menjabat sebagai Wadan Sesko TNI.

Hal tersebut disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya setelah selesai menghadiri acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pati di lingkungan TNI AD, Mabesad, Jakarta Pusat. Rabu (04/08/2019).

Diterangkan Kadispenad, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra diangkat menjadi Wadan Sesko TNI berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/872/VIII/2019 tanggal 14 Agustus 2019 bersama 59 orang Pati TNI lainnya.

“Dari 56 orang Pati TNI tersebut, terdapat 17 orang Pati TNI AD, termasuk didalamnya beliau (Mayjen TNI Ali Bogra),” ungkap Candra.

Sebelum menjabat sebagai Wadan Sesko TNI, pria berdarah Kaimana Papua Barat ini berdinas di Wantanas sebagai Bandep Lingkungan Sosial Setjen Wantanas dan Paban Sahli Bid. Komphan Pok Sahli Bid. Jemen Sishanneg Sahli Kasad.

“Kemudian, sebelum mengikuti pendidikan Lemhannas pada tahun 2015, selain Staf Ahli Pangdam XVII/Cen, juga menjabat sebagai Kasrem 171/PVT dan Kapendam XVII/Cen,” terang Candra.

Menurut Candra, dari riwayat jabatan tersebut bisa memberikan gambaran bahwa Ali Bogra merupakan salah satu perwira TNI AD yang memiliki kemampuan di bidang analisa strategis dan relevan dengan jabatannya saat ini.

“Sebagai Wadan Sesko TNI maka Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, memiliki kapasitas untuk mengarahkan dan membekali para siswanya yang berasal dari TNI AD, AL dan AU, termasuk dari Mancanegara serta Kepolisian,” tegas Candra.

Lebih lanjut Candra sampaikan, selain cerdas, Ali Bogra merupakan sosok yang humanis dan humoris.

“Disamping pengalaman dan kemampuan beliau (Mayjen TNI Ali Bogra), dengan karakter itu, tentu beliau bisa membawa nuansa pendidikan lebih baik,” tambahnya.

“Kenaikan pangkat dan jabatan beliau saat ini, sesungguhnya bukan hanya kebanggaan TNI AD, namun juga bagi warga Papua dan Papua Barat, karena salah satu putra terbaiknya berkesempatan turut memimpin lembaga pendidikan tertinggi di TNI,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada laporan korps tiga orang Pati yang naik Bintang Dua lainnya adalah Dankoopssus TNI Mayjen TNI Rochadi, Asrena Kasad Mayjen TNI Hassanudin, dan Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI Mayjen TNI Sucianto.

“Sedangkan enam orang Pamen TNI AD yang promosi jadi Bintang Satu yaitu Brigjen TNI Andi Muhammad, Brigjen TNI Muhammad Taufik serta Brigjen TNI Dedy Suryanto, Brigjen TNI Rahmat Triyono serta Waasops Kasad Brigjen TNI Rifki,” pungkasnya.

Dalam acara yang berlangsung di Tribun Denma Mabesad itu, juga turut hadir Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Para Asisten Kasad, Kasahli Kasad serta Ketua Umum dan Pengurus Pusat Persit KCK. (Dispenad).