237 Tamtama Siswa akan Latihan YWPJ

Komandan Depo Pendidikan dan Latihan Pertempuran (Dandodiklatpur) Rindam Iskandar Muda Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL memimpin Apel Gelar kesiapan latihan Yuddhawastu Pramukha Jaya (YWPJ) Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abituren Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gel I TA. 2019 di lapangan upacara Mako Dodiklatpur Rindam IM, Tiro Kabupaten Pidie. Senin (04/11/19).

Apel gelar kesiapan tersebut bertujuan untuk mengecek dan mengetahui kesiapan seluruh perangkat latihan yang ada, mulai dari kesiapan pelaku (Siswa Dikjurtaif), Pelatih, pendukung, peralatan dan perlengkapan serta sarana pendukung lainnya, sehingga diharapkan pelaksanaan latihan dapat berjalan sesuai dengan target yang telah digariskan oleh Komando Atas.

Latihan Yuddhawastu Pramukha Jaya diikuti sebanyak 237 orang Tamtama Siswa dan 60 orang pelatih dan pendukung. Latihan akan dilaksanakan selama 24 hari yang terbagi menjadi empat tahap latihan antara lainย  Tahap Basis, Tahap Hutan Gunung, Tahap Long Mars dan Tahap Larasuntai.

โ€œSeluruh Tamtama Siswa akan menjalani latihan aplikasi mulai tahap basis, hutan gunung, long mars dan tahap larasuntai selama 24 hariโ€, terang Dandodiklatpur Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL.

Latihan YWPJ dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih Tamtama Siswa supaya bisa mengaplikasikan semua materi pelajaran yang telah diterima selama mengikuti pelajaran di Dodiklatpur Rindam IM di medan latihan atau medan sesungguhnya dengan pengawasan ketat para pelatih.

Puncak dari latihan YWPJ adalah tahap Long Mars dengan jarak 170 KM, dimulai start dari Mako Dodiklatpur Rindam IM Tiro, Gampong Dayah Cot Kecamatan Tiro/Truseb Pidie menuju daerah latihan Larasuntai di Ujong Batee Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Seluruh Tamtama Siswa akan berjalan kaki selama 5 hari dengan waktu yang telah ditentukan harus sudah masuk finish atau melapor kepada pelatih.

Latihan YWPJ tersebut selesai pada tanggal 27 November 2019 dengan acara Tradisi Pembaretan di daerah latihan pantai Ujong Batee Kec. Mesjid Raya Kab. Aceh Besar.

Diakhir pengarahannya, Dandodiklatpur Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I.POL. berpesan kepada seluruh Tamtama Siswa maupun pelatih untuk selalu mengutamakan faktor keamanan dalam setiap latihan, jaga kesehatan, selalu berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan kelancaran dan keselamatan serta jaga selalu nama baik TNI di mata masyarakat khususnya TNI AD.