15 Penyidik Diambil Sumpah oleh Danpuspomad

Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat, Mayjen TNI Rudi Yulianto melakukan penyumpahan Penyidik sekaligus penyematan brevet Penyidik kepada Lima Perwira dan 10 Bintara personel jajaran Pomdam Iskandar Muda dan Pomdam I/Bukit Barisan di Aula S. Parman Mapomdam Iskandar Muda, Senin (9/12/19).

Danpuspomad dalam amanatnya mengatakan, Sumpah dan Penyematan brevet kepada 15 Penyidik ini dilaksanakan, setelah kelima Perwira dan sepuluh Bintara tersebut selesai mengikuti pendidikan pengembangan spesialisasi bidang Penyidikan dan telah diangkat dalam jabatan Penyidik Pomad berdasarkan keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Penyumpahan ini, merupakan tindak lanjut dari persyaratan formal yang harus dilakukan sesuai pasal 69 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer, sebagaimana yang dimaksud penyidik, antara lain adalah Polisi Militer.

โ€œDengan telah disumpahnya para penyidik ini, kami berharap dapat menjadi titik kuat fungsi penyidikan di satuan Polisi Militer, sehingga penyelesaian proses perkara mampu dilaksanakan secara cepat, tepat, transparan dan tuntas,โ€ kata Mayjen TNI Rudi Yulianto dalam amanatnya.

Lebih lanjut, Danpuspomad mengingatkan sebagai penyidik yang akan menentukan arah proses penegakan hukum, dituntut untuk memiliki integritas moral yang baik dan profesional, proporsional, jujur, berani, tulus dan ikhlas.

โ€œDisamping itu sejauh mungkin agar memperhatikan azas-azas Penyidikan, yaitu azas kepentingan masyarakat, azas kepentingan individu dan azas kepentingan hukum serta menerapkan manajemen penyidikan modern, dengan menggunakan metode penyidikan ilmiah untuk menghindari terjadinya rekayasa dan kekerasan dalam kegiatan penyidikan,โ€ tegas Mayjen TNI Rudi Yulianto.

Penyumpahan Penyidik sekaligus penyematan brevet penyidik turut disaksikan oleh Danpomdam Iskandar Muda, Kolonel CPM Zulkarnain SH, Dirbindik Kol Cpm Kemas A. Yani SH M. Hum, Dirbin Gakkum Kol Cpm Fauzy Helmy Pamensus Puspomad Kol Cpm Supriantoro, Pamen Ahli Bidang Tradisi dan Profesi Kol Yusri Nuryanto S.I.P, Kepala Oditur Militer I-01 Banda Aceh, Kolonel Chk Murod.SH.MH, Aspers Kasdam IM Kolonel Inf Agung Gunawan, Kakumdam IM Kolonel Chk Abdul Salam, S.H., M.H, pejabat Itdam IM Kol Inf Hery, Waasintel Kasdam IM, Waka Ajendam IM , Kabid Propam Polda Aceh dan Dansat POM AU SIM.