Kasdam Iskandar Muda Lepas Lomba Berburu Babi

Meulaboh – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM), Brigjen TNI A Daniel Chardin S.E., M.S.I selaku Ketua Umum Perbakad Aceh secara resmi membuka acara lomba tembak berburu Perbakad dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI dan HUT ke-63 Kodam IM Ta. 2019 bertempat di Lapangan Makodim 0105/Abar, Kab. Aceh Barat, Kamis sore (16/01/2020).

Dalam sambutan Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang dibacakan oleh Kasdam IM menyampaikan bahwa olahraga menembak adalah olahraga kompetitif yang melibatkan kemahiran antara akurasi dan kecepatan dalam menggunakan senjata api maupun senapan yang salah satu cabangnya adalah berburu. Juga sebagai wahana untuk meningkatkan profesionalisme atlit-atlit berburu Perbakad dan Perbakin Aceh, serta Sumatera Utara, sehingga kedepan prestasi olahraga menembak berburu semakin meningkat seperti harapan kita bersama.

Perlombaan tersebut dinilai mampu memberikan dampak positif bagi para petani. Pasalnya, kata Kasdam IM, babi hutan merupakan salah satu hewan yang termasuk kategori hama bagi lahan petani.

“Perlombaan itu juga ditujukan untuk memelihara kelestarian lingkungan,” ujar Kasdam IM melalui sambutan yang dibacakannya.

Lokasi kegiatan berburu dilaksanakan di 2 (Dua) lokasi yaitu di Kebun PT. KTS yang beralamat di Desa Padan Sikabu, Kec. Kaway XVI, Kab. Aceh Barat dan di Kebun PT. Socfindo yang beralamat di Desa Seunagan, Kec. Kuala Pesisir, Kab. Nagan Raya, yang diikuti oleh 25 tim terdiri dari 1 Sumatera Utara sebanyak 10 Perbakin Aceh, Dua tim Kodam Iskandar Muda, 4 tim Polres Aceh Barat, 4 tim Polres Nagan Raya, satu tim Korem 011 Lilawangsa, satu tim Korem 012/TU dan Dua tim perangkat Singkil dengan target berburu adalah Babi hutan.

Hadir dalam acara tersebut Kapaldam IM Kolonel Cpl Nur Budi Asmara, S.E, Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono S.Ag., M.M, Bupati Aceh Barat H. Ramli, MS, Bupati Nagan Raya HM. Jamin Idham, SE, Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd, Dandim 0116/Nara Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P., M.I.Pol, Kapolres Aceh Barat Akbp Andrianto Arga Muda, Sik, Kapolres Nagan Raya a.n. AKBP Giyarto, Sik.

Para Kabalag dan Kasi Korem 012/TU, S.E.Danyon 116/GS Letkol Inf M. Yusuf, S.I.Kom, Para Pasi Kodim 0105/Abar, Perbakin Sumut H. Musa Edisa, Perbakin Aceh Barat bpk Herman, Danpos AL Aceh Barat a.n. Letda Laut (S) Popy Julianto Saputro serta para Peserta Berburu Perbakad.