Sukseskan Swasembada Pangan Dandim 0103/Aut Tanam Jagung Perdana Demplot Kodim 0103/Aut

Lhokseumawe – Komandan Kodim 0103/Aut, Letkol Inf Agung Sukoco, S.H bersama Wakil Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad dan instansi terkait serta masyarakat Desa Cot Girek Kandang melakukan tanam jagung perdana di lokasi demplot Kodim 0103/Aut di Desa Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Jumat (31/01/2020).

Demplot atau Demontrasi Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain-lain yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Dalam sambutannya Dandim 0103/Aut mengatakan, kegiatan tanam jagung Demplot merupakan salah satu jenis tanaman bernilai ekonomis tinggi, untuk itu penanaman jagung yang baik perlu diperhatikan.

Dalam hal ini, Kodim sudah ada perintah dari Komando atas untuk membuat dan membuka lahan untuk di jadikan Demplot pertanian dan berkerja sama dengan Dinas Pertanian sekaligus menjadi menjadi percontohan bagi kelompok tani serta masyarakat yang lainnya.

“Selain itu juga sebagai pendukung salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam mensukseskan program swasembada tanaman pangan,” kata Dandim.

Dalam kesempatan itu juga Wakil Walikota Lhokseumawe mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0103/Aut karena telah ikut serta mensukseskan program swasembada pangan dari Pemerintah

“Semoga tanaman demplot jagung ini diharapkan juga berdampak pada peningkatan, pengetahuan dan keterampilan petani, sehingga kedepannya produktivitas tanaman jagung di wilayah Kabupaten Tabanan semakin meningkat,” harap Wakil Walikota.

Tampak hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Kota Lhokseumawe, Direktur Klinik Vinca Rossea Dr. Azhari. S.T, Pabung Dim 0103/Aut Mayor Cba Jumiin, Camat Muara Dua, Kapolsek Muara Dua, Ketua Persit KCK XX Dim 0103, Kepala BPP dan Penyuluh Kec. Muara Dua, para Pasi Kodim dan Danramil Kodim 0103/Aut, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa. Cot Girek Kandang dan para Babinsa Kodim 0103/Aut.