Danramil 04/Simpang Kanan Hadiri Sosialisasi/Kampanye Karhutla

ACEH SINGKIL – Kapten Inf Asfimal, Danramil 04/Simpang Kanan, Kodim 0109/Asing bersama Muspika Simpang Kanan gelar Sosialisasi/Kampenye Mencegah Karhutla, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu ( 5/2/2020 ).

Kapten Inf Asfimal dalam arahan nya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta meminta kepada Penegakan hukum agar bisa menjadi instrumen untuk mengubah dan mengoreksi perilaku manusia yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, termasuk di kawasan gambut.

“Kami melihat kejahatan karhutla sangat serius. Kalau kita lihat pembalakan liar berdampak pada aspek kerugian ekonomi, sedangkan karhutla berdampak luas pada kesehatan, perusakan ekosistem dan ekonomi seperti transportasi yang terganggu, lalu wilayah yang terdampak juga luas kalau kita bicara kabut asap lintas wilayah,”papar Danramil.

Tambahnya, untuk itu mari kita sama – sama menjaga hutan kita agar tetap lestari dan tidak habis untuk lahan perkebunan semata, karena hutan adalah sebagai paru – paru bumi dan juga sebagai penangkal dari tanah longsor dan banjir.

Senada dengan dengan penjelasan Danramil 04/Simpang Kanan, Camat Simpang Kanan, Kapolsek Simpang Kanan juga memberikan arahan kepada para peserta sosialisasi untuk tidak membakar lahan dan hutan sembarangan dan menghimbau kepada masyarakatnya agar mereka mengerti dan sadar akan karhutla ini. pabila masyarakat masih ada yang membakar lahannya maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 50 0rang peserta, diantaranya Camat Simpang Kanan, Danramil 04/Simpang Kanan, Kapolsek Simpang Kanan, Kepala KUA  Simpang kanan,Kepala Desa Kecamatan simpang kanan,serta para undangan.