Jelang Musim Kemarau, Dandim 0110/Abdya Imbau Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan

Oleh

Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. mengajak masyarakat  Kabupaten Aceh Barat Daya untuk sama-sama mencegah terjadinya kabakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sekarang mulai musim kemarau. Kondisi ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Dandim kepada Media, di Blangpidie, Senin 10 Februari 2020.

Dandim menghimbau kepada seluruh warga khususnya yang berkebun, dalam membuka lahan agar tidak melakukan pembakaran, karena bisa menimbulkan Karhutla dan berdampak pada kerusakan lingkungan. Karhutla bisa memusnahkan ekosistem, dan menimbulkan polusi udara.

"Kita semua masih ingat beberapa waktu lalu daerah kita dapat kiriman kabut asap Karhutla dari daerah lain. Kita bisa rasakan kontaminasi asap Karhutla mengganggu kesehatan, dan saat itu tidak sedikit dari kita tiap beraktivitas harus diprotect dengan masker," terangnya.

Lanjut Dandim, belajar dari pengalaman tersebut semua pihak harus peduli menjaga ligkungan, tidak melakukan pembakaran hutan. Ia menyebutkan, sebagai upaya pencegahan kini jajarannya bersama dengan BPBK dan komponen terkait lainnya telah melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat serta melakukan patroli rutin ke sejumlah titik rawan Karhutla.

"Karena upaya ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh TNI, Polri maupun BPBK. Untuk itu mari kita sama-sama bergandeng tangan bahu membahu meningkatkan kepedulian serta kesadaran menjaga hutan dan lingkungan kita," pungkasnya.

Komentar

Loading...