Usai Komsos, Anggota Koramil 08/Bakongan Lanjutkan Patroli dalam Mencegah Karhutla

Oleh

Aceh Selatan – Sosialisasi dalam upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi prioritas Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan dalam melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah Desa Binaannya masing-masing.

Sosialisasi dan himbauan ini bersifat terus menerus dilakukan oleh para Babinsa tanpa ada batasan waktu tertentu, hal tersebut dilaksanakan guna menangkal dan cegah dini terjadinya Karhutla di wilayah khususnya Aceh Selatan.

Disini, Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan tidak hanya sebatas mensosialisasikan kepada masyarakat akan stop membakar hutan dan lahan, namun, terlebih dari itu, para Babinsa ini juga tingkatkan kegiatan patroli ke perkebunan masyarakat dan lahan-lahan yang dianggap rawan terjadinya kebakaran.

Seperti yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 08/Bakongan dipimpin Serda Anang SB, kembali melanjutkan patroli dengan bersinergi bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bakongan dan Anggota Pos Damkar 05 Bakongan, mereka menyelusuri titik-titik yang rawan terjadinya kebakaran, seperti perkebunan masyarakat dan juga lahan gambut di Desa ujung Mangki,Ujung Padang, padang Beurehan dan juga Desa Drien Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Rabu  (12/02/2020).

Serda Anang mengatakan, sebelum mereka kesasaran patroli, terlebih dahulu mereka berinteraksi dengan warga sekitar untuk menghimbau dan mengajak mereka ikut berperan aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran.

“Dari sejumlah titik yang kita patroli hari ini, tidak kita temukan titik api baik diperkebunan masyarakat maupun dilahan gambut yang ada, kita juga berharap masyarakat setempat ikut serta dalam melakukan pencegahan ini, caranya dengan tidak membakar hutan” kata Serda Anang.

Sementara itu, Danramil 08/Bakongan Kapten Inf M. Nasir berpesan kepada seluruh masyarakat Bakongan Raya untuk sesegera mungkin melaporkan  apabila menemukan atau mengetahui adanya titik api di dearahnya, sehingga, sambung Danramil, lebih awal dapat dilakukan penanganannya.

Komentar

Loading...