Babinsa Koramil Kembang Tanjung Ikut Karya Bakti Bersihkan Saluran Air Bersama Warga

Pidie – Guna melancarkan saluran air atau irigasi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Kembang Tanjung Kodim 0102/Pidie Serka Tarmizi melaksanakan karya bakti bersama warga binaan membersihkan saluran air atau irigasi untuk melancarkan aliran air di persawahan warga di Desa Panjou Kecamatan Kembang Tanjung Kabupaten Pidie, Selasa (17/03/2020).

Karya bakti tersebut merupakan kesepakatan warga terutama para petani agar air dapat mengalir ke persawahan dengan lancar dan teratur. ”Karya bakti yang dilaksanakan merupakan inisiatif dan mufakat warga yang sadar akan pentingnya saluran air atau irigasi bagi kebutuhan pertanian,” kata Babinsa.

”Jika saluran air sudah bersih dari rumput dan kotoran, maka air akan mengalir secara teratur sesuai pengaturan yang dikehendaki para petani,

Karena tanaman padi sangat membutuhkan air yang banyak dalam proses pertumbuhannya. Dengan adanya irigasi yang memadai, maka para petani akan dengan mudah mengairi sawah sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh normal dan memperoleh hasil panen yang optimal.

Karena irigasi merupakan faktor yang menentukan keberhasilan dibidang pertanian. Kami ajak anggota Poktan untuk melaksanakan pembersihan secara bersama-sama selaku pengguna air, dengan karya bhakti pembersihan saluran irigasi aliran air akan lancar dari hulu hingga hilir dan didukung saling pengertian dalam pembagian air secara merata dalam pemanfaatannya, air merupakan faktor yang dominan diareal persawahan dan air merupakan kebutuhan pokok dalam pertanian walaupun tanaman padi merupakan tanaman basah yang hanya cukup air,” tutup Babinsa.

Menurut salah satu Kelompok Tani merasa senang dengan adanya pendampingan dari TNI AD dalam hal ini pak Babinsa, Dengan pendampingan ini kami petani bisa menyampaikan apa yang menjadi kendala kami dilapangan yang bisa diselesaikan persoalan dan kami ucapkan terima kasih juga dalam pelaksanaan bersih bersih saluran air yang ada di Desa,” tutur Poktan.