TNI/Polri dan Pemda Aceh Selatan Dirikan Posko Pemantaun Suhu Tubuh di Perbatasan

Oleh

Aceh Selatan - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bekerja sama dengan semua pihak guna melakukan antisipasi dan pencehan terhadap penyebaran wabah Virus Corona Covid-19 yang sedang melanda dibelahan dunia termasuk Indonesia.

Kodim 0107/Aceh Selatan dalam hal ini juga ikut ambil andil bersinergi dengan BPBD dan juga dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan beserta jajarannya semaksimal mungkin berupaya mengantisipasi masuknya virus tersebut ke wilayah Aceh Selatan.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Kodim Aceh Selatan dalam hal ini oleh personil Koramil 09/Trumon yakni ikut berperan dalam mendirikan posko pemantauan suhu tubuh yang dirikan diperbatasan antara Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Selatan bertempat di Desa Kapa Sesak Kecamatan Trumon. Selasa (24/03/2020).

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R. Sulistiya Herlambang HB melalui Danramil 09/Trumon Kapten Inf Endang Ruhiyat mengatakan, pembuatan posko pemantauan yang di tempatkan di pintu masuk wilayah  Kabupaten Aceh Selatan tersebut ialah guna untuk pemantauan sekaligus pengecekan suhu tubuh bagi warga yang  masuk ke Aceh Selatan termasuk pemantuan warga Asing.

"Ini upaya antisipasi dan pencegahan kita lakukan agar masyarakat aceh selatan terhindar dari terpaparnya oleh virus corona covid-19. Harapan kita dan juga pemerintah daerah, dengan adanya posko pemantauan suhu tubuh ini dapat mencegah masukkan virus tersebut ke wilayah aceh selatan" ucap Danramil 09/Trumon.

Lebih lanjut, Danramil 09/Trumon memaparkan, sistem yang akan diterapkan kepada warga yang masuk wilayah Kabupaten Aceh Selatan nanti akan dilakukan dengan pemeriksaan bagi pengendara dari arah subulussalam baik roda dua maupun roda empat.

"Roda dua dan roda empat nantinya akan kita berhentikan di posko ini, termasuk penumpang satu persatu diperiksa suhu tubuhnya serta disemprotkan disinfektan oleh petugas kesehatan yang telah distanbykan di tempat ini" paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemantauan dan pemeriksaan suhu tubuh itu diutamakan bagi warga Aceh Selatan termasuk warga dari luar daerah yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan terutama yang mempunyai riwat perjalanan jauh, apalagi baru melaksanakan perjalanan dari zona merah virus corona covid-19 tersebut.

Komentar

Loading...