Kodim 0112/Sabang Modifikasi Bilik Sterilisasi sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid – 19

Sebagai bentuk dari upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Kodim 0112/Sabang  membuat bilik  sterilisasi. Instrumen ini berfungsi meminimalisir sebaran virus dan bakteri, dengan cara sterilisasi setiap anggota maupun tamu  yang akan memasuki area Makodim 0112/Sabang.

“Ini merupakan alat biasa, untuk mensterilkan orang yang  masuk ke Makodim . Tujuannya menghindari bibit penyakit dari lokasi sebelumnya berpindah ke lokasi lain,” kata Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Adang purnama, Rabu  (25/3/2020).

Dia menjelaskan bilik sterilisasi merupakan alat yang digunakan di tengah kondisi wabah saat ini, Kodim 0112/Sabang  melakukan modifikasi instrumen tersebut  Tidak ada kendala berarti yang dihadapi, sebab pada dasarnya alat ini memang biasa digunakan. Hanya dibutuhkan modifikasi dengan penambahan alat semprot elektrik yang mudah diperoleh.

Kami berharap semprotan elektrik ini tidak mengalami kelangkaan di pasar, agar semua gerakan kita dalam mengatasi wabah COVID-19 terkoordinasi baik,” tambah Letkol Czi Adang Purnama.

Bilik  sterilisasi Kodim 0112/Sabang dibuat dari rangka besi dan dilapisi plastik agar proses sterilisasi lebih cepat. Namun tetap memperhatikan waktu kontak cairan desinfektan ke seluruh bagian tubuh seseorang yang masuk ke dalam bilik sterilisasi harus memutar tubuh mereka 360° agar alat yang bekerja secara otomatis tersebut dapat menyemprotkan cairan desinfektan merata ke seluruh bagian tubuhnya.

Untuk itu protap memasuki Makodim 0112/Sabang juga diberlakuan dengan urutan Tamu Memasuki gerbang distop oleh provost, Piket melaksanakan pemerikasaan suhu tubuh kemudian diarahkan ke westafel untuk mencuci tangan selanjutnya diarahkan masuk ke bilik sterilisasi untuk penyemprotan Desinfektan kemudian lapor ke Piket.