Antisipasi Stok Darah Menipis, Kodim 0104/Atim Melaksanakan Donor Darah

Langsa – Guna mengantisipasi stok darah menipis, Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan donor darah di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Kegiatan sosial kesehatan ini patut diacungi jempol karena kepedulian para Prajurit, PNS dan Anggota Persit KCK Cab XXI Kodim 0104/Atim secara bergiliran ikut berpartisipasi untuk ikut mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan ini Kodim 0104/Atim bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa yang kegiatannya dipusatkan di Aula Serbaguna Makodim 0104/Atim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (06/04/2020) pagi.

Disela-sela berlangsungnya donor darah Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) mengatakan bahwa, perkembangan situasi saat ini dengan mewabahnya Covid 19 di wilayah Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur perlu dilaksanakan langkah-langkah proaktif dari semua pihak dengan upaya preventif, dengan menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan dukungan di bidang kesehatan.

Menurutnya, jajaran TNI AD dan khususnya Kodim 0104/Atim memberikan perhatian yang serius terhadap hal-hal yang berkenaan dengan bidang sosial kesehatan makanya dengan melaksanakan kegiatan donor darah bertujuan untuk membantu PMI dan masyarakat.

“Salah satu yang dapat kita lakukan dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI Kota Langsa saat ini adalah dengan melakukan kegiatan sosial donor darah yang melibatkan Personel Kodim 0104/Atim yang bekerja sama dengan PMI Kota Langsa, ” katanya.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan, bahwa dalam menghadapi semakin meningkatnya penyebaran Virus Corona dan dengan penerapan social distancing dan physical distancing sudah barang tentu akan semakin berkurangnya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah, oleh karena itu upaya kita membantu PMI untuk menyediakan stok darah menjadi sangat penting.

“Dalam kegiatan donor darah ini tidak banyak melibatkan personel karena hal-hal yang berkaitan dengan social distancing tersebut seperti tidak berkerumun dan menjaga jarak tetap kami terapkan dengan baik,” papar Dandim.

Sementara itu, perwakilan PMI Kota Langsa Hengki Syahjaya, S.E (P2D2S dan Humas UDD PMI Kota Langsa) yang didampingi Dokter Zuraida (Selaku penanggung jawab dilapangan) mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0104/Atim atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah.

Senada dengan apa yang disampaikan Dandim, Hengki mengatakan stok darah saat ini memang berkurang di PMI akibat Virus Corona karena di berlakukan social distancing sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah dan permasalahan seperti ini pasti dialami oleh semua Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Aceh.

“Kedepannya kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di Kota Langsa dapat tetap terpenuhi, “harapnya.